Tips Membuat Toko Online

Tips Membuat Toko Online

0 108

Tips Membuat Toko Online – Era globalisasi ini menuntut kita untuk berpikir dan melangkah dengan cepat. Era globalisasi berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan umat manusia. Aspek tersebut seperti aspek sosial, ekonomi, budaya, teknologi, pendidikan dan masih banyak lagi. Salah satu dampak globalisasi pada aspek ekonomi dan teknologi yaitu munculnya toko online. Toko online ini dapat diartikan toko yang menyediakan jasa layananan atau barang yang dapat diakses secara oleh termasuk dalam pemesanan dan pembayarannya.

Toko online sangat berkembang pada beberapa tahun ini, munculnya website dan aplikasi toko online membuat perkembangannya semakin banyak. Toko online sendiri banyak digeluti oleh berbagai kalangan pebisnis dari yang muda hingga yang tua dan dari yang sudah profesional dan hingga yang pemula. Bagi para pemula yang ingin terjun kedalam bisnis toko online dapat memperhatikan beberapa tips berikut.

  1. Konsep dasar dari ekonomi yaitu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari barang atau jasa yang dijual. Pembuatan toko online pun bertujuan sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Hal pertama yang harus dipikirkan saat akan membuat toko online yaitu memikirkan barang atau jasa apa yang ingin dijual atau dipasarkan. Penentuan barang atau jasa yang akan dijual merupakan hal yang sangat penting yang akan berdampak pada keuntungan dari toko online. Kejelian dalam menebak dan mengidentifikasi kebutuhan pasar sangat diperlukan. Tips dalam menentukan barang atau jasa yang akan dijual yaitu :
  • Carilah kebutuhan yang diperlukan masyarakat, dapat yang berupa hal kecil namun banyak dibutuhkan masyarakat. Jika scope masyarakat terlalu luas pikirkan lah dari scope keluarga atau diri anda sendiri.
  • Fokuslah mencari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat baru kemudian menentukan barangnya. Hal ini seringkali salah dilakukan oleh pebisnis, mereka menentukan barang terlebih dahulu padahal belum tentu itu dibutuhkan oleh pasar.
  1. Setelah penentuan produk, melakukan uji pasar yaitu pebisnis dapat melihat di website promosi mengenai produk yang akan dijual. Apakah produk kita sudah banyak dipasar atau belum. Langkah ini dapat dikatakan sebagai identifikasi pesaing produk. Anda dapat melihat dan membandingkan produk anda dengan produk pesaing. Anda dapat mengira-ira bagaimana produk ada dapat bersaing dengan produk pesaing lainnya atau tidak. Hal yang paling mudah untuk mengetahui produk anda dapat bersaing dengan pesaing yang lain yaitu lewat perbandingan harga yang dijual. Konsumen pertama kali menentukan produk yang akan dibeli dari harga terlebih dahulu kemudian kualitasnya. Jika anda merasa harga produk yang ada jual dapat bersaing dengan pesaing lainnya maka lanjutkanlah.
  2. Langkah selanjutnya dalam pembuatan bisnis online yaitu menentukan media promosi dan penjualan produk. Media atau marketplace yang digunakan berhubungan dengan kemudahan konsumen dalam memilih produk dan membeli produk. Marketplace yang digunakan dapat beragam dari yang umum hingga yang khusus. Marketplace yang umum seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line, BBM, pinterest dan media sosial lainnya. Marketplace yang khusus seperti website atau aplikasi jual beli online seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, dll. Pemilihan marketplace yang dikuasai dapat menjadi nilai tambahan khusus karena dapat berdampak pada kualitas tampilan pemasaran. Jika bisnis sudah besar dapat membuat website sendiri dalam pemasaran produk.
  3. Langkah yang tidak kalah penting dalam toko online yaitu berkaitan dengan penampilan produk yang dipasarkan. Hal ini penting karena sering kali ditemui dalam pemasaran produk online barang yang ditampilkan seringkali tidak menarik. Hal ini berbeda antara produk yang menarik dengan tampilan produk yang menarik. Sama produk yang dijual dengan harga yang hampir sama namun tampilan produk yang berbeda akan membuat kesan yang berbeda bagi konsumen. Misalnya tampilan produk yang ditampilkan tidaklah jelas atau tidak menarik seperti foto produk yang tidak fokus pada produk itu sendiri. Tips dalam penampilan produk sebagai berikut.
  • Usahakan background produk berwarna putih atau polos. Background produk berefek pada kejelasan produk yang ditawarkan. Ketika produk difoto dengan background putih atau polos maka fokus konsumen akan tertuju pada produk yang kita jual dan memberikan kesan lebih jelas akan produk yang ditawarkan. Ketika background produk tidak putih atau polos maka akan terkesan membingungkan konsumen dan produk terkesan tidak jelas.
  • Gunakan kamera yang memiliki kualitas yang baik, dapat menggunakan kamera handphone atau kamera dslr yang akan menghasilkan kualitas foto yang bagus. Ketika menggunakan kamera yang memiliki kualitas pixel yang rendah maka foto atau gambar yang dihasilkan akan jelek.
  • Aturlah pencahayaan yang bagus dalam pengambilan foto produk. Atur cahaya yang terang dan pas ketika akan mengambil foto produk. Jauhi pengambilan foto ditempat yang gelap atau yang redup. Jika ingin lebih bagus dapat menggunakan pencahayaan tambahan dari lighting studio.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply