Perbedaan Toko Online dengan Web Profil Perusahaan

Perbedaan Toko Online dengan Web Profil Perusahaan

0 110

Perbedaan Toko Online dengan Web Profil Perusahaan – Toko online merupakan website yang memiliki fungsi untuk menjual produk secara online yang sifatnya seperti toko. Web profil perusahaan merupakan website yang digunakan sebagai media informasi mengenai perusahaan dari produk, visi misi, deskripsi, costumer service, dll. Kedua website tersebut memiliki persamaan dimana merupakan website yang sedang berkembang dan digunakan sebagai media promosi. Toko online dengan web profil perusahaan memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan itu seperti.

  1. Tujuan

Perbedaan pertama yang mendasari yaitu perbedaan tujuan antara toko online dan web profil perusahaan. Tujuan dari toko online yaitu untuk menjual produk sebanyak-banyak untuk mencari keuntungan menggunakan media online. Dari tujuan toko online yang berfungsi untuk menjual barang untuk mencari keuntungan maka si pemilik website akan mendesain websitenya dengan tampilan semenarik mungkin. Untuk website profil perusahaan memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada publik mengenai profil perusahaan dan produk dari perusahaan tersebut. Walaupun website profil perusahaan juga memiliki tujuan untuk mencari keuntungan tapi fungsi website yang utama yaitu untuk memberikan informasi kepada pengunjung dan untuk mempromosikan perusahaan dan produknya.

  1. Desain

Perbedaan desain website menjadi salah satu pembeda antara toko online dengan website profil perusahaan. Desain website toko online biasanya lebih memperhatikan daya tarik tampilan desain website untuk menarik perhatian pengunjung website. Desain website toko online biasanya menampilkan mengenai produk-produk yang menarik dan menampilkan promo atau tawaran yang menarik kepada pelanggan. Selain itu desain menu bar biasanya diisi dengan tipe-tipe barang yang mereka jual. Pengelompokkan tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam memilih barang yang akan mereka cari.

Sedangkan untuk website profil perusahaan memiliki desain yang lebih simpel dan memperhatikan kesan elite pada desainnya. Hal tersebut karena website profil perusahaan juga memiliki fungsi sebagai citra profil perusahaan. Kesan desain website profil perusahaan dapat menjadi citra profil perusahaan tersebut. Atas dasar tersebut maka biasanya desain website profil perusahaan didesain se-elite mungkin dan simpel. Menu bar desain website profil perusahaan biasanya mencantum isi mengenai profil perusahaan dari visi misi, tujuan, sejarah, produk, dan costumer service.

  1. Informasi

Perbedaan selanjutnya yaitu pada informasi yang disampaikan pada website. Website toko online memberikan informasi mengenai produk-produk yang mereka jual dengan penjelasan harga dan deskripsi barang. Informasi yang disampaikan lebih mengenai barang apa yang mereka jual dengan tambahan foto barang serta penjelasan deksripsi barang dan harga. Sedangkan untuk website profil perusahaan lebih menekankan pada informasi mengenai gambaran perusahaan dan informasi produk. Website profil perusahaan memberikan informasi mengenai tujuan dari perusahaan, visi dan misi perusahaan, sejarah berdirinya, produk yang dihasilkan dari perusahaan, serta layanan costumer service.

  1. Iklan

Toko online merupakan toko yang berfungsi untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan. Salah satu keuntungan lain dari adanya website toko online yaitu dari adanya iklan di websitenya. Iklan akan memberikan pemasukan tersendiri diluar dari produk yang mereka jual. Walaupun tidak banyak memberikan keuntungan namun jika iklan di website banyak maka akan dapat menambah penghasilan dari website toko online tersebut. Berbeda dengan toko online, website profil perusahaan tidak ada iklan dalam websitenya. Hal tersebut karena website profil perusahaan tidak untuk komersil namun untuk media informasi mengenai perusahaan.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply