Lakukan 5 Cara untuk Meningkatkan Kemanan Website

0
66
Lakukan 5 Cara untuk Meningkatkan Kemanan Website

Lakukan 5 Cara untuk Meningkatkan Kemanan Website. Kemanan website merupakan salah satu hal yang memengaruhi peringkat website. Google mulai menetapkan keamanan menjadi salah satu syarat peringkat website sebagai bentuk kemanan untuk penggunanya agar tidak beresiko ketika melakukan browsing dalam mesin pencari Google ini.

Jika webite tidak memiliki kemanan yang mumpuni, maka akan ada peringatan jika masuk dalam website tersebut. Namun tentunya website yang sudah aman akan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk peringkat website dibandingkan website dengan kemanan yang buruk.

Pentingnya kemanan website selain untuk melindungi pengunjung website juga untuk melindungi website sendiri dari resiko kejahatan di internet. Bagaimana sih cara meningkatkan keamanan website? Berikut ulasan Jago web design untuk Anda.

Menginstal Plugin Keamanan

Keamanan dari website pribadi bisa dijaga menggunakan plugin untuk website. Jika website yang Anda gunakan adalah wordpress tentunya sudah tersedia banyak plugin yang menolong Anda dalam hal perlindungan website.

Baca Artikel : Manfaatkan Perubahan Perilaku Konsumen Selama Bulan Ramadhan

Plugin dari WordPress ini umumnya bisa diinstal secara gratis dan memiliki kemampuna yang cukup mumpuni untuk mengamankan website. Mengintal plugin ini menjadi satu cara keamanan dasar untuk selanjutnya melakukan proteksi yang lainya.

Beberapa jenis plugin keamanan yang tersedia di wordpress adalah

a. iTheme Security merupakan plugin keamanan wordpress yang mengklaim bisa melindungi website dengan 30 cara. Selain melakukan perlindungan, iTheme juga melakukan pendetesian terhadap hal-hal yang mencurigakan sehingga jika ada pergerakan dari luar website, iTheme bisa mendeteksinya dengan baik. Selain memiliki fitur gratis, iTheme juga ada fitur pro yang bisa Anda gunakan.

Ketahui 5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website and database.

b. Wordfence plugin ini adalah plugin yang cukup populer dengan kemampuan utamanya yaitu memperkuat pasword, bloking pada hal-hal yang mencurigakan, authetifikasi 2 arah, dan memperbaiki file.

c. Secupress, plugin yang menawarkan banyak fitur untuk perlindungan website. Memiliki kualitas yang cukup bagus untuk pengamanan website. Secupress juga memiliki versi pro untuk pengamanan yang lebih kuat.

Back up plugin

Cara meningkatkan keamanan website yang selanjutnya adalah dengan menginstal plugin-plugin untuk menjaga konten dalam website. Kejahatan datang dalam berbagai bentuk, mulai dari perusakan sampai dengan dan penghilangan konten. Hal ini juga bisa terjadi dalam website Anda.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online

Perusakan dan penghilangan konte bisa dengan mudah Anda perbaiki dengan plugin backup dimana plugin ini mempertahankan konten yang hilang atau rusak dari website Anda. Seperti plugin di atas, jika Anda menggunakan website CMS wordpress maka plugin tersedia dengan banyak macamnya.

Beberapa back up plugin yang bisa Anda gunakan adalah

a. BackWPup ini adalah plugin WordPress yang membantu untuk mem-backup data. Kemampuan yang dimiliki plugin ini adalah backup database dengan baik. Plugin ini sudah digunakan lebih dari 600.000 user dan hadir juga dalam bentuk pro.

b. Backup buddy memberi keamanan yang lengkap untuk website, misalnya dalam mengatasi malware, hack, error, file hilang dan lain sebagainya. Plugin berbayar yang cukup bagus digunakan dengan fiturnya yang lengkap.

c. Blog vault plugin yang juga memiliki fitur lengkap seperti backup untuk WooCoomerce sampai penggunaan untuk website lebih dari satu.

d. Updraftplus plugin dengan kemampuan backup yang lengkap.

Jika sudah menginstal alat-alat untuk backup maka kemanan website juga lebih terjamin, sehingga jika ada kejahatan internet yang menyerang website Anda bisa dengan mudah dideteksi dan datanya bisa segera di backup.

SSL

SSL atau secure socket layer adalah sistem yang menjaga keamanan transfer data dalam website. Sekarang ini banyak bermunculan website bisnis dengan proses transfer data penting antara konsumen dan pemilik layanan. Transfer data misalnya dengan memasukkan nomor rekening pribadi ataupun nomor telepon dan alamat email.

Transfer data yang sifatnya pribadi seperti ini harus dilakukan secara aman agar tidak terdeteksi oleh hacker ataupun diakses dengan bebas oleh mereka.

Baca Artikel : Ketahui 5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website

Bagaimana sih cara kerja SSL kok bisa mengamankan data? SSL bekerja menggunakan sistem enkripsi data, sehingga ketika melakukan transaksi yang bersifat pribadi tersebut, akses hanya bisa dilakukan oleh pemilik data saja. Dimana pemiliki data tersebut yang hanya memiliki kuncinya.

Sistem enkripsi ini sudah mulai berkembang dan semakin banyak digunakan untuk mengamankan layanan. Dengan begitu pencurian data bisa dihindari.

Pasang Antivirus

Di masa yang serba digital seperti ini, kejahatan bukan hanya dengan apa yang tampak, melainkan hal yang tidak tampak juga. Salah satunya adalah virus, kejahatan internet bisa secara diam-diam memasukkan virus perusak dalam website Anda.

Virus ini jika sudah masuk dalam website bisa merusak dokumen yang ada ataupun pengunjung juga terkena dampaknya sehingga website Anda tidak aman. Untuk itu pemasangan antivirus juga sama pentingya dengan pemasangan plugin-plugin di atas.

Ada banyak sekali antivirus yang bisa Anda instal secara gratis di WordPress untuk mengamankan website Anda.

Layanan Hosting

Taukah Anda, keamanan website bisa juga dipengaruhi oleh hosting yang Anda gunakan. Hosting adalah layanan yang menyewakan server untuk penyimpanan data. Tugas hosting juga memberikan keamanan untuk website sehingga website bisa aman.

Namun terkadang layanan hosting memiliki tingkat kemanan yang kurang kuat sehingga ia bisa di hack sampai servernya. Dimana ini bisa terjadi pencurian sampai perusakan data. Jangan sampai salah menggunakan layanan hosting dan cek keamananya untuk website yang lebih terlindungi.

Layanan yang menyewakan server untuk penyimpanan data

Poin di atas adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pengelolaan website untuk cara meningkatkan keamanan website. Perlindungan website selain menjaga website sendiri juga menjaga pengunjung dari resiko kejahatan yang berbahaya.

Sekian ulasan Jago Web Design kali ini, semoga berguna!