Apasih Fungsi Header dan Footer Website?

0
116
Apasih Fungsi Header dan Footer Website?

Apasih Fungsi Header dan Footer Website? – Pernahkah kamu mendengar kata header dan footer? Umumnya header dan footer ini adalah satu rangkaian dari bagian badan website. Namun sebenarnya apasih fungsi dari header dan footer ini? Apakah ia memiliki fungsi yang vital untuk website atau hanya digunakan untuk hal-hal tertentu saja?

Walaupun terlihat cukup sepele namun header dan footer memiliki fungsi yang cukup penting untuk website. Beberapa informasi penting website sampai dengan tombol CTA dimasukkan ke dalam footer sehingga untuk website bisnis hal bagian ini sangat cocok untuk memberi kesempatan pengunjung melakukan Tindakan.

Ketika kamu menggunakan jasa website dalam pembangunan website bisnis maka hal yang penting adalah mengkomunikasian masalah header dan footernya. Penjelasan mengenai header dan footer pada website akan kami ulas pada artikel berikut ini.

Header

Header adalah bagian teratas dalam halaman website. Berisi informasi tertentu dari website tersebut misalnya logo website, nama website, deskripsi singkat website sampai dengan kolom pencarian untuk halaman website tersebut.

Baca Artikel : Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Website

Dibawah logo dan nama situs, terdapat menu-menu penting website sehingga pengunjung bisa mengetahui menu website dengan baik.

Gambar  1 contoh tampilan header Jagowebdesign

Ketika nantinya halaman akan digeser ke atas dan bawah, header ini akan tetap berada pada posisinya, sehingga ia tidak ikut berpindah. Hal ini memudahkan pengunjung website jika ingin membuka menu lain dalam website.

Footer

Setelah header, selanjutnya kita akan membahas mengenai footer website. Dimana footer ini walaupun terlihat sangat sepele namun memiliki peran yang cukup penting untuk website. Footer diisi dengan beberapa komponen penting website sehingga ketika pengunjung sudah sampai batas bawah scrolling maka ia bisa menuju halaman penting lain tanpa harus scroll ke atas lagi.

Gambar  2 contoh tampilan footer pada Jagowebdesign

Selain itu informasi yang diletakkan di footer juga merupakan informasi penting misalnya kontak pengelola website, sposor, sosial media dan lain sebagainya.

Footer memegang peranan penting untuk website lebih besar daripada header karena berisi tools dan informasi penting.

Fungsi Header dan Footer untuk Website

Bukan tanpa tujuan, header dan footer website dibangun dengan memiliki fungsi tertentu. Fungsi header website adalah untuk  Menampilkan identitas utama sebuah website maka tidak heran komponen yang ada di dalam header ini berupa logo dan nama situs. Jadi begitu pembaca membuka website ia akan langsung dihadapkan dengan profil perusahaan pada headernya.

Sedangkan fungsi footer website adalah sebagai bagian untuk menempatkan informasi dan iklan yang penting untuk pelanggan. Beberapa manfaat dari footer ini adalah untuk:

  1. Mengarahkan navigasi pengunjung menuju halaman lain
  2. Menginformasikan pengunjung tentang kontak dan halaman pengelola website
  3. Meningkatkan konversi website
  4. Meningkatkan brand awareness website

Jadi footer memiliki peranan yang cukup penting untuk website sehingga kehadirannya akan sangat disayangkan jika tidak diisi untuk hal-hal yang penting.

Komponen Apa yang Harus Ada Pada Header dan Footer?

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan di atas, ada beberapa komponen header yang harus ada, yaitu

  1. Logo website
  2. Nama website
  3. Menu website

Dalam mendesign header website ini, akan lebih baik jika dibuat sederhana namun jelas.

Komponen Apa yang Harus Ada Pada Header dan Footer

Sedangkan untuk design footer, akan lebih baik jika design diisi dengan komponen yang kamu butuhkan saja. Akan lebih baik jika design dibuat simple namun informasi bisa tersampaikan dengan baik. Beberapa komponen footer website seperti

  1. Alamat pengelola
  2. Kontak
  3. Tombol call to action
  4. Tombol penting yang mengarah pada halaman lain
  5. Sub menu footer.

Footer memiliki peranan yang cukup penting untuk website maka dari itu kamu harus mendesign bagian ini dengan baik.

Baca Artikel : Buat Website Sendiri atau Menggunakan Jasa Pembuatan Website?

Kesimpulan

Header dan footer dalam sebuah website memiliki peranan masing-masing untuk website. Website akan kurang maksimal jika kedua komponen ini dihilangkan. Footer memiliki fungsi yang cukup penting dan tidak boleh disepelekan dalam praktiknya. Kamu bisa memaksimalkan design footer dengan menambahkan komponen yang penting seperti tombol CTA dan tombol navigasi lainya.

Bingung masalah design website? Jangan khawatir sebab kamu bisa menggunakan jasa website Jagowebdesign untuk mengurus tampilan website yang lebih maksimal dan prima.

Website pribadi sampai dengan toko online bisa maksimal dengan design dari Jagowebdesign. Yuk order kebutuhan website kamu sekarang juga!

Sekian ulasan tentang header dan footer hari ini, semoga bermanfaat!