Kenapa Navigasi Website Yang Rumit Harus Dihindari?

0
137
Kenapa Navigasi Website Yang Rumit Harus Dihindari
Kenapa Navigasi Website Yang Rumit Harus Dihindari

Kenapa Navigasi Website Yang Rumit Harus Dihindari? – Navigasi website adalah salah satu jenis komponen website yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Navigasi website masuk sebagai design website, sehingga sudah dirancang dari awal. Nah sebelum menetapkan design website, Kamu perlu tahu bahwa harus mempertimbangkan navigasi website yang mudah dan sederhana.

Bahkan masalah navigasi ini menjadi satu hal yang berpengaruh terhadap SEO website, yang nantinya akan memengaruhi nilai atau rangking dari website itu sendiri.

Jika kita memiliki navigasi yang sulit digunakan, otomatis akan menyulitkan seseorang dalam memahami website  kita sehingga muncul efek yang menjalar lainya.

Nah mari kita bersama membahas, pentingnya menghindari pembuatan navigasi website yang rumit. Simak dengan baik!

Navigasi Website

navigasi website
Gambar 1. Navigasi Website

Navigasi website adalah menu yang ada di halaman website, dimana menu-menu ini mengarahkan pengunjung untuk menemukan halaman website Kamu satu persatu. Jadi dari sini pengunjung bisa memahami dan menelusuri website yang Kamu miliki.

Contohnya adalah menu di website Jagoweb Design ini, ada beberapa menu yang bisa kamu lihat begitu membuka halaman website Jagoweb Design.

Ada halaman home, design, about, portofolio, contact, login  dan lainya. Dari menu-menu ini, kamu bisa masuk ke halaman yang kamu butuhkan.

Jika ingin mengenal Jagoweb Design maka langsung masuk di halaman about, jika ingin masuk di halaman kontak maka bisa langsung buka menu kontak untuk melihat kontaknya.

Baca Artikel : Apa Pengaruh Loading Speed Untuk Keberhasilan Website?

Secara sederhana memahami navigasi seperti ini. Jika tanpa ada menu-menu navigasi, otomatis seseorang akan kebingungan dengan isi dan tampilan website kamu.

Akhirnya mereka yang akan kesusahan dan memberikan dampak buruk untuk website.

Bagaimana Sih Navigasi Yang Disukai Pengunjung Website?

Nah kalau tidak boleh membuat navigasi website yang rumit lalu bagaimana sih seharusnya navigasi yang perlu dibuat oleh pengelola website?

  1. Sederhana
  2. Mudah dipahami
  3. Jelas

Ketiga kriteria ini adalah kriteria navigasi website yang disukai dan ramah untuk pengunjung website. Navigasi yang mudah dipahami dan jelas menu-menu maupun tombolnya tentunya akan membuat pengunjung merasa dimudahkan.

Ada juga yang jelas menu-menunya namun ternyata rumit dipahami, juga jelas membuat orang lain juga kesulitan.

Jadi ketika membuat website, pastikan membuat navigasi yang sederhana dalam artian mudah diikuti dan jelas arahnya. Pun tentunya sebelum membuat ini kita mengkondisikan posisi kita sebagai pengunjung website, bukan hanya pembuat.

Akibat Dari Navigasi Yang Rumit

Ada beberapa akibat yang dikarenakan membuat navigasi website yang rumit. Beberapa diantaranya adalah

1. Membuat Pengunjung Website Pergi

Salah satu akibat yang langsung didapatkan dari penggunaan navigasi yang rumit untuk website adalah kita mengusir pengunjung website secara tidak langsung.

Seperti yang kita singgung di atas, navigasi yang sulit akan membuat banyak orang merasa kesusahan dan menyulitkan sehingga mereka lebih memilih keluar dan mencari website lain yang sejenis dan mudah dipahami.

Jika ini terus berlangsung maka akan membuat pengunjung website kamu akan terus turun trafficnya dan membuat website sepi pengunjung.

2. Tingkat Bounce Rate Tinggi

Tingkat boucerate tinggi menunjukkan ada yang salah dengan website kita, gambaran bouce rate adalah ketika seseorang masuk di halaman website kita dan segera keluar beberapa detik kemudian begitu mereka kurang puas dengan kondisi website. Misalnya navigasi yang rumit, loading yang lama atau isi konten yang tidak sesuai.

Tingkat bouncerate ini adalah sebuah indikator bahwa ada masalah dengan website kita, dan perlu perbaikan.

3. Dikenal Kurang Profesional

Bayangkan ketika kamu memiliki brand yang besar namun website yang kamu miliki sulit dipahami? Wah ini akan menurunkan kualitas brand yang kamu miliki. Orang lain akan menganggap kamu tidak profesional dalam mengelola website dan tentu saja mereka akan menurunkan penilaian atas brand.

4. SEO Buruk

Salah satu keberhasilan digital marketing adalah memiliki kesuksesan SEO. Dan ada banyak komponen yang membuat SEO berhasil, salah satunya adalah soal navigasi. Navigasi yang buruk akan mengurangi User Experience sehingga google akan menilai website kamu kurang user friendly sehingga akan menurunkan SEO website kamu. Capaian rangking website tidak akan tercapai.

Itulah beberapa penjelasan tentang akibat dari navigasi website yang rumit. Jangan sampai akibat ini terjadi pada websitemu yang tidak user friendly. Benahi website dan beri kemudahan maka hasilnya akan kelihatan.

Baca Artikel : Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar

Bagaimana Membuat Website dengan Navigasi yang Mudah?

Untuk membuat website dengan navigasi yang mudah, kamu bisa menggunakan jasa web design , seperti jasa website atau jasa desainer website. Untuk hasil yang lebih murah kamu bisa menggunakan jasa website dari Jagoweb Design.

Dengan harga yang terjangkau, mulai dari 700ribuan dapat website dengan kualitas terbaik dan tampilan yang profesional. Buat website apa saja dengan mudah dan menarik! Dengan tim teknis terbaik bantu websitemu punya tampilan yang wow!  Cek harga pake di paket website