Pengertian Hosting, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya

0
175
hosting adalah
hosting adalah

Pengertian Hosting, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya – Hosting adalah sebuah layanan yang sangat penting dimiliki jika ingin membangun sebuah website untuk berbagai kebutuhan, termasuk bisnis. Dengan adanya hosting atau host web ini, maka situs yang Anda miliki dapat dengan mudah di akses secara online melalui internet.

Sebelum membangun website, sangat penting mengetahui bahwa host web memiliki beberapa pilihan jenis dengan cara kerja berbeda. Dengan memahami perbedaan setiap jenisnya, maka Anda bisa memilih web host sesuai dengan kebutuhan.

Harga Jasa Website Murah : Rp 450.000

Hosting Adalah

Jika dijelaskan pengertiannya secara lebih jelas, hosting merupakan layanan untuk menyimpan website atau aplikasi dengan basis web. Dengan layanan ini, maka situs tersebut dapat di akses online baik menggunakan perangkan desktop, smartphone, juga tablet.

Host web sendiri dapat menyimpan berbagai file website mulai dari teks, gambar, video, script coding, hingga database. Anda bisa menyimpan berbagai file dan mengembangkan website dengan berlangganan host web menggunakan pilihan tipe atau jenis yang tersedia.

Ketika berlangganan hosting, Anda sedang menyewa ruang pada host web untuk menyimpan semua data website. Hal inilah yang membuat Anda perlu memlakukan perpanjangan dalam beberapa waktu sekali sekali (umumnya per tahun) untuk tetap mendapat layanannya.

Sebenarnya, ada beberapa cara membuat hosting website sendiri sehingga tidak perlu berlangganan. Meski begitu, langkah ini sangat sulit dilakukan dan membutuhkan kemampuan dan peralatan khusus termasuk untuk perawatannya.

Oleh sebab itulah, lebih banyak yang memilih menggunakan layanan provider hosting. Selain tidak perlu mengusai skill teknis tingkat lanjut, website milik Anda juga bisa selalu online secara optimal menggunakan protokol keamanan yang baik.

artikel terkait : Kenapa Website Perlu Hosting? Cek Penjelasanya

Jenis-jenis Hosting yang Perlu Diketahui

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa jenis host web dengan cara kerja, kekurangan, juga kelebihan masing-masing. Berikut penjelasan jenis-jenisnya agar memudahkan Anda mencari host web terbaik sesuai kebutuhan.

1. Shared Hosting

Seperti namanya, jenis ini memungkinkan situs web berbagai sumber daya dengan wesbite lainnya dalam satu server. Hal inilah yang membuat layanan ini lebih murah, persiapan set juga cukup sederhana sehingga dapat dikelola dengan mudah.

Meski demikian, jenis ini cukup sering mengalami peningkatan lalu lintas sehingga situs website pada server sama akan mengalami permasalahan. Selain itu, jenis ini juga memiliki skalabilitas yang rendah jika dibandingkan jenis lainnya.

Oleh sebab itulah, shared hosting website lebih cocok digunakan untuk bisnis kecil atau pemula dengan website sederhana dan volume lalu lintas rendah. Dengan demikian, Anda bisa mendapat layanan host web yang terjangkau namun kinerjanya tetap maksimal.

2. VPS

Sama seperti jenis sebelumnya, VPS juga berbagi server dengan website lainnya namun dengan jumlah lebih sedikit. Dengan begitu, kinerjanya lebih baik dan tidak perlu merasa khawatir akan terjadi gangguan pada situsnya.

Jenis VPS lebih cocok digunakan untuk bisnis skala kecil dan menengah, juga memiliki volume lalu lintas yang terus meningkat. Jika kebutuhan host web semakin meningkat, maka bisa meningkatkan konfigurasi server dari shared hosting ke VPS.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting menggunakan beberapa server dalam menjalankan tanggung jawab berbeda-beda. Dengan demikian, ketika salah satu server bermasalah, maka server lainnya akan mengambil alih permasalahan tersebut.

Jenis ini memiliki kinerja yang baik, juga menawarkan skalabilitas dan model bayar sesuai penggunaan. Tidak mengherankan jika jenis ini cocok untuk bisnis menengah dan besar dengan kunjungan lalu lintas tidak dapat diprediksi.

4. Dedicated Hosting

Jenis ini disewa khusus oleh satu klien, artinya sumber daya server hanya digunakan untuk satu website. Selain dapat beroperasi secara optimal dan tingkat keamanan tinggi, jenis ini juga memungkinkan pengguna mengontrol semua yang ada pada server.

Meski demikian, tentu saja memilih dedicated hosting membutuhkan biaya yang sangat banyak sehingga hanya digunakan untuk perusahaan besar. Selain itu, perusahaan tersebut juga harus memiliki kesiapan teknis mumpuni serta memiliki volume lalu lintas yang tinggi.

Website merupakan salah satu media yang sangat efektif digunakan untuk mengelola sebuah bisnis. Oleh karena itu, penting mengetahui hosting adalah dan berbagai jenisnya agar dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Buat Website dengan Hosting Terbaik di Jagowebdesign

Butuh website murah dan cepat? Kami memiliki solusinya! Dapatkan website berkualitas dengan harga terjangkau dan waktu pengerjaan yang singkat. Tim Jagoweb Design siap membantu Anda membangun citra online yang profesional, menarik dan fungsional. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda secara online.

Silahkan cek design dan Harga di jasa website jogja untuk dapatkan harga dan layanan terbaik!