Percantik Website Bisnis Dengan 5 Layout Web Design Populer Ini!

0
259

Percantik Website Bisnis Dengan 5 Layout Web Design Populer Ini! – Website dan web design rupanya merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Sebagaimana website sendiri perlu web design untuk menunjang performanya. Tanpa web design, website bagaikan rumah tanpa dekorasi. Bisa dibayangkan, rumah tanpa dekorasi tentu saja akan menjadi hal yang membosankan bagi tamu.

Itulah mengapa rumah juga perlu dekorasi. Agar tamu yang berkunjung juga tidak bosan dan merasa nyaman. Tamu bukan hanya berkunjung untuk mengobrol, namun juga bisa melihat-lihat sekeliling. Semakin cantik dekorasi yang tersedia, semakin betah tamu untuk singgah di dalam rumah tersebut.  Begitupun dengan toko, apa yang akan dilihat oleh pengunjung ketika toko tersebut tampak kosong tanpa isi apalagi dekorasi?

Begitupun dengan website. Ibarat lapak atau toko, website juga perlu ditambahkan dengan isi dan dekorasi yang menarik. Sebagaimana yang telah diketahui, dekorasi dalam website bisa disebut juga dengan Web Design.

Namun Web Design juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa elemen dalam Web Design yang harus dipenuhi untuk website yang menarik perhatian, seperti Layout, Font, Colours, White Space, Navigasi, Kontak, Search, Action Button, Footer, dan lain sebagainya. Nah, yang terpenting, ada Layout dalam Web Design.

Iya, benar sekali, ketika anda mengembangkan sebuah website, anda juga perlu memperhatikan layout web design. Layout memiliki peran penting karena design yang baik mampu memberi pengaruh untuk keberhasilan suatu website.

Baca Artikel : Dasar-Dasar Untuk Belajar Web Design Bagi Pemula

Anda juga perlu mengetahui bahwa pengguna mengunjungi sebuah website dengan suatu tujuan seperti untuk melihat konten, mencari informasi, bahkan membeli suatu produk. Oleh karena itu, designer perlu bekerja untuk merancang layout website agar pengguna bisa dengan mudah memenuhi tujuan tersebut.

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Web Layout?

Web layout bisa dibilang pattern atau pola untuk mendefinisikan struktur website. Web layout ini berperan untuk mengatur susunan informasi atau konten yang akan disajikan di halaman website. Agar pengguna mudah untuk menavigasikannya.

Apabila anda mengunjungi beberapa website populer, anda akan menemukan banyak website yang menggunakan design web layout yang serupa karena beberapa alasan, antara lain :

Usable

Design yang usable ini sudah umum digunakan dan perlu untuk diterapkan agar pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Meskipun anda tetap harus menyesuaikan setiap proyek dengan target audiens dan tujuan bisnis. Namun hal ini akan sangat membantu apabila design yang dibuat merupakan design yang umum digunakan.

Memiliki Design yang Familiar

Usahakan pengguna sudah familiar dengan design. Agar mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memahami struktur web. Dengan demikian, pengguna bisa lebih fokus untuk melihat isi konten website Anda.

Menghemat Waktu Design

Anda juga perlu menggunakan kembali design web layout yang sudah ada untuk menghemat banyak waktu sehingga designer bisa lebih bereksperimen dengan hirarki visual dan aspek desain lainnya.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online

Menurut informasi yang dikemukakan oleh hubspot.com, sebanyak 76 % konsumen mengatakan bahwa faktor terpenting dalam web design adalah konsumen merasa mudah dalam mencari informasi di halaman website. Oleh karena itu, para designer perlu mengatasinya dengan menggunakan web design populer yang sudah umum digunakan oleh sebagian besar pengguna.

5 contoh Design Web Layout Populer

Berikut 5 contoh Design Web Layout Populer yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa website bisnis :

1. Single Column

Layout single column ini menyajikan konten utama dalam satu kolom vertikal. Layout Single Column sangat mudah dinavigasi dan dipahami. Pengguna hanya perlu menggulir ke bawah untuk melihat lebih banyak konten.

Meskipun single column tampak sangat sederhana, namun layout yang satu ini cukup populer digunakan oleh banyak website. Layout ini sudah biasa digunakan untuk web blog pribadi. Layout ini juga bisa ditampilkan di perangkat seluler. Sehingga penggunaan perangkat seluler juga mempengaruhi kepopularitasan layout single column ini.

Namun ketika anda menggunakan design web layout single column, alangkah baiknya anda mempertimbangkan untuk membuat sticky menu. Hal ini perlu anda lakukan agar menu navigasi selalu terlihat karena biasanya layout digunakan untuk halaman yang panjang.

2. Split Screen

Sementara itu, ada juga Design Web Layout split screen yang sangat cocok untuk halaman website minimalis yang memiliki dua konten utama yang ingin ditampilkan. Sehingga layout ini juga sesuai untuk membuat halaman landing page dengan dua opsi berdampingan. Designer juga bisa menampilkan dua konten secara bersamaan.

Namun yang perlu anda perhatikan ketika anda menggunakan layout ini, sebaiknya anda menghindari penggunaan yang terlalu banyak konten baik itu informasi tekstual atau visual. Anda perlu menjaga layar tetap terlihat sederhana karena split screen yang rumit dapat membuat tampilan UI design terlihat memiliki terlalu banyak informasi.

3. Boxes

Layout Boxes memiliki design berupa kota besar dengan beberapa kotak kecil. Jumlah kotak kecil bisa berkisar sekitar dua hingga lima kotak. Setiap kotak ini biasanya akan menjadi tautan yang mengarah ke halaman lain. Anda bisa menggunakan kota besar untuk menampilkan produk utama, sedangkan kotak-kotak kecil untuk menampilkan informasi lebih lanjut tentang produk tersebut. Layout boxes ini juga banyak digunakan pada website e-commerce, website perusahaan, atau website portofolio.

4. Featured Image

Tata letak website yang menggunakan featured image didasarkan pada gagasan yang mengatakan bahwa menggunakan gambar dalam design merupakan cara tercepat untuk menjual produk. Layout Featured Image menampilkan gambar untuk menciptakan hubungan emosional dengan pengunjung website.

Design Web Layout ini bisa anda gunakan apabila website anda hanya ingin menunjukkan satu produk atau layanan utama. Namun anda perlu memastikan foto atau ilustrasi memiliki kualitas tinggi serta relevan dengan pesan yang ingin anda sampaikan. Sehingga seluruh perhatian dari pengunjung website akan tertuju pada gambar tersebut.

Baca juga Artikel : Gunakan Perpaduan Warna agar Websitemu Makin Memesona! 

Dalam penggunaan layout ini, anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tipografi untuk menyertai gambar. Anda tinggal pilih ukuran, jenis huruf, dan warna yang dapat memperkuat desain.

5. Layout F-shape

Design web layout yang satu ini memiliki bentuk F-shape yang dibuat berdasarkan cara pengguna ketika membaca konten di halaman website. menurut penelitian dari nngroup.com, ditemukan bahwa pengguna memiliki perilaku yang konsisten ketika membaca konten website. Perilaku tersebut menciptakan pola yang berbentuk seperti huruf F.

Dalam polanya, pengguna pertama kali membaca dalam gerakan horizontal. Selanjutnya, pengguna bergerak sedikit ke

bisa buat website tanpa ribet bersama jagowebdesign

bawah halaman website, kemudian pengguna membaca dalam gerakan horizontal kembali. Sedangkan pola yang terakhir, pengguna memindai sisi kiri konten website dalam gerakan vertikal.

Layout F-shape menunjukkan bahwa  header mendapatkan banyak perhatian dari pengguna. Lalu saat pengunjung membuka halaman web, mereka secara otomatis memperhatikan elemen yang ada di sisi kiri halaman daripada bagian kanan. Oleh karenanya, ketika anda membuat layout, anda bisa menyesuaikannya dengan perilaku pengguna tersebut.

Design web layout ini juga baik digunakan untuk halaman yang perlu menyajikan banyak opsi. Pengguna bisa memindai halaman dengan cepat.

Demikian penjelasan Layout Web Design dan beberapa pilihan Layout populer yang bisa anda gunakan untuk website bisnis. Semuanya bisa anda lakukan dan gunakan, anda tinggal koordinasikan saja dengan designer yang akan membuatnya. Namun untuk mempermudah, anda bisa konsultasikan dengan jasa pembuatan website yang bisa anda kunjungi melalui www.jagowebdesign.com. Bersama Jago Web Design, anda bisa mengkonsultasikan serta mengkoordinasikan layout yang anda inginkan untuk website bisnis anda.