Pop Up Website, Pentingkah Digunakan?

0
155

Pop Up Website, Pentingkah Digunakan? – Pernahkah kamu membuka website toko online dan mendapati ada kotak yang muncul memberikan penawaran tertentu atau juga memberikan pemberitahuan tertentu. Kotak yang muncul ini dinamakan pop up website.

Namun penggunaan pop up untuk website ini memiliki pro dan kontra. Pro karena memiliki tujuan untuk menyampaikan iklan dan informasi tertentu sedangkan kontra karena tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan adanya pop up website ini.

Jadi sebenarnya pop up dibutuhkan nggak sih?

Pop Up Adalah

Popup adalah tampilan antarmuka pengguna grafis yang umumnya hadir dengan bentuk jendela kecil. Pop up ini juga muncul secara tiba-tiba ketika kita sedang mengoperasikan website yang juga dilengkapi dengan tombol tertentu untuk masuk di halaman tertentu.

Dari pop up inilah pengunjung bisa mengetahui informasi yang ada dan melakukan tindakan sesuai yang kita inginkan.

Pop up dilengkapi dengan beberapa tombol berupa tombol close atau juga tombol CTA yang mengarahkan pengunjung ke halaman yang lainya.

Baca Artikel Tentang Kapan Waktu yang Tepat Membuat Website Portofolio?

Apa Tujuan Digunakannya Pop Up

Digunakannya pop up di website bukan tanpa alasan, ada tujuan tersendiri kenapa pop up digunakan.

Sebenarnya pop up merupakan media yang digunakan untuk mendorong seseorang untuk  melakukan Tindakan tertentu. Misalnya jika pop up berisi ajakan untuk mengisi kotak email maka diharapkan pop up ini bisa membuat banyak orang mengisi email mereka.

Atau jika pop up berisi informasi promo tertentu, maka diharapkan banyak orang akan mengklik promo tersebut.

Untuk itu dalam sebuah pop up umumnya memiliki tombol CTA (Call To Action) sehingga mereka bisa bergerak sesuai keinginan kita.

Bahkan riset menyebutkan bahwa penggunaan pop up dapat membantu sebuah website menerima banyak pelanggan dan menerima lebih banyak email daripada menggunakan form sidebar untuk pengisian email.

Dari sini kita bisa mengetahui bahwa pop up memiliki kekuatan atau manfaat tertentu untuk website.

Jenis-Jenis Pop Up

Ada beberapa jenis pop up yang digunakan untuk website. Jenis-jenis pop up ini disesuaikan dengan tujuan dan penggunaannya. Beberapa jenis pop up diantaranya adalah

1. Time Based Pop Up

Pop ini adalah jenis pop up yang ditampilkan berdasarkan rentang waktu yang telah di tentukan. Umumnya pop up jenis ini banyak disetting dalam waktu 60 detik karena waktu inilah dimana waktu yang dinilai paling tepat.

Jika waktu yang disetting terlalu lama maka akan membuat pengunjung merasa terganggu dengan pop up yang ada. Sedangkan jika pop up terlalu cepat maka akan membuat pengunjung tidak akan bisa menangkap informasi apa yang kita samapaikan.

2. Content Based

Pop up yang ini adalah jenis pop up yang akan muncul pada halaman atau konten tertentu saja. Misalnya pada halaman home saja atau halaman pricing yang memberikan informasi promo atau juga informasi penting lainya.

3. Scroll Based

Pop up jenis ini hampir mirip dengan time based pop up namun bedanya adalah pop  up ini hanya akan muncul atau tampil jika seseorang sudah scroll pada bagian halaman tertentu.

Umumya jenis pop up digunakan untuk halaman blog, sehingga jika seseorang sudah membaca sampai posisi tertentu akan muncul pop up ini.

Namun penggunaan pop up ini cukup tertarget karena hanya akan muncul pada orang-orang tertentu.

4. Exit Intens

Exit intens adalah jenis pop up yang akan muncul ketika seseorang akan meninggalkan halaman website. Sehingga Langkah terkahir sebelum benar-benar meninggalkan halaman adalah melihat dan melakukan Tindakan atas pop up yang muncul. Bisa close bisa juga mengikuti perintah yang ada.

Biasanya exit intens ini berisis pop up yang berisis penawaran diskon dan juga pengisian email.

Baca Artikel Kenapa Perlu Membawa Bisnis Go Online?

5. Pop Out

Agak berbeda dengan konsep pop up yang biasanya, karena pop out ini muncul di samping browser sehingga pegunjung tidak akan merasa terganggu dengan hadirnya pop up. Dengan pop out ini pengunjung tetap bisa melanjutkan menggunakan website tanpa merasa terganggu.

Dari jenis-jenis pop up yang ada ini, Anda bisa menentukan mana pop up yang cocok digunakan untuk memberi penawaran kepada pengunjung.

Tips Untuk Membuat Pop Up Menarik Perhatian Pengunjung

Sudah membuat pop up namun ternyata pop up tidak memberikan hasil yang Anda inginkan? Maka Anda perlu untuk mengevaluasi pop up yang telah Anda buat. Bisa jadi ada konten yang membuat pengunjung tidak tertarik dan lain sebagainya.

1. Penyampaian Pesan

Salah satu hal yang membuat pop up bisa bekerja dengan baik dan memberikan feed back yang baik untuk Anda adalah dengan menyampaikannya dengan baik. Konten pop up menjadi salah satu penentu keberhasilan pop up.

Buat konten pop up yang membuat orang penasaran dan tentunya menarik desainnya sehingga cukup profesional dan terpercaya untuk pengunjung.

2. CTA

Selanjutnya adalah CTA atau call to action, dimana ini bisa berupa pemberian tombol tertentu yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain. Atau juga bisa menggunakan CTA bentuk yang lainya seperti pengisian email yang menggunakan kotak email dan lain sebagainya.

3. Pengaturan Waktu

Selanjutnya adalah pengaturan waktu untuk menampilan pop up. Waktu yang tepat membuat pop up bisa bekerja dengan baik dan memberikan manfaatnya untuk Anda. sedangkan ketika pop up muncul di waktu yang tidak tepat tentu saja akan membuat banyak pengunjung merasa terganggu.

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, Anda bisa memaksimalkan penggunaan pop up untuk website Anda. sehingga pop up bisa cukup bermanfaat dan juga tidak akan mengganggu pengunjung ketika membuka website Anda.

Kelemahan Pop Up

Disamping pop up yang membantu pemilik website untuk memperkenalkan informasi dan menjalankan strategi marketingnya. Pop up juga memiliki kelemahan yang banyak dikenal. Beberapa diantaranya adalah

1. Membuat Website Berjalan Lebih Lambat

Pop up memiliki script tertentu sehingga jika ini digunakan dalam website akan memperberat kerja website dan akan membuat webste berjalan lebih lambat. Hal ini akan berpengaruh terhadap user experience yang buruk.

Baca Artikel Website Belum Mobile Friendly? Yuk, Segera Go Mobile-kan Sekarang

2. Mengganggu Pengunjung

Fakta tentang pop up yang mengganggu kenyamanan pengunjung adalah bukan hal yang baru lagi. Banyak orang yang merasakan betapa pop up mengganggu ketika kita sedang asik scroll website atau browsing.

Dua kelemahan pop up ini menjadi hal yang cukup memengaruhi kerja website dan user experience. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa penggunaan pop up perlu diperhatikan dengan baik agar memberikan hasil yang baik juga.

Kesimpulan

Pop up memberikan banyak kelebihan untuk membantu kita memaksimalkan penggunaan website dan marketing bisnis. Hanya saja pop up juga memiliki kekurangan yang jika tidak diperhatikan dengan baik juga akan memberikan kerugian.

Sebelum membuat pop up untuk website Anda pastikan website Anda memiliki performa yang baik. Pastikan juga desain dan konten website juga menarik untuk dilihat banyak orang. Jika tampilan dan konten yang buruk sudah kurang menarik perhatian, bagaimana dengan pop up Anda?

Ingin buat website yang menarik dan profesional untuk bisnis Anda? bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Jagoweb Design, jasa pembuatan website profesional yang menyediakan berbagai pilihan paket website untuk Anda.

Cek info lengkap Paket Jagoweb Design dan lihat design website terbaik untuk Anda. Segera order dan nikmati pelayanan yang maksimalnya. Buat website yang menarik dan buat pop up terbaik sesuai keinginan Anda.

Sekian ulasan tentang Pop Up Website, Pentingkah Digunakan? hari ini semoga bermanfaat!