Strategi Bertahan UMKM di Masa New Normal

0
252
Strategi bertahan UMKM di masa New Normal

Strategi bertahan UMKM di masa New Normal – Beberapa bulan yang lalu dunia dihebohkan dengan adanya virus baru yang menyerang. Virus covid-19 telah membuat seluruh kegiatan yang ada menjadi lumpuh. Semua sector perekonomian dari berbagai lapisanpun mendapatkan dampak dari adanya covid-19 ini. Setelah mulai membaik, masyarakat khususnya Indonesia mulai bergerak ke new normal setelah semua kegiatan bisnis terhenti karena adanya virus covid 19. Di Indonesia sendiri dengan adanya covid 19 membuat para pemiliki bisnis terutama UMKM mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Padahal UMKM dan para pemiliki bisnis lainnya merupakan salah satu penyumbang terbesar perekonomian yang ada diindonesia.

Dengan adanya new normal, masyarakat mulai bangkit dan memulai seluruh kegiatan dengan kebiasaan baru. Hal ini juga dilakukan oleh para UMKM dan pemilik bisnis lainnya. Tidak mau terpuruk terlalu lama UMKM dan para pemiliki bisnis lainnya berlomba-lomba mencari strategi bisnis baru yang mampu untuk mengembalikan pendapatan semula di era new normal ini. Dapat dikatakan berat, namun jika memiliki strategi yang tepat maka bisnis anda akan berkembang pesat dan mampu untuk bangkit lagi.

strategi bisnis baru untuk UMKM
Strategi bisnis baru untuk UMKM

Mengapa perlu adanya strategi bertahan untuk UMKM ?

Strategi merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha khususnya UMKM. Perkembangan tren yang selalu berubah-ubah merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi. Dengan adanya strategi diharapkan setiap pemiliki bisnis mampu bertahan dari tantangan yang ada dan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru agar bisnis yang dimiliki mampu bertahan.

Apa saja Strategi bertahan UMKM yang tepat dimasa New Normal ?

  1. Susun rencana baru

Setalah beberapa bulan kegiatan perekonomian lumpuh karena adanya covid sebaiknya anda beralih ke bisnis online terutama UMKM. Menyusun rencana baru merupakan hal yang tepat untuk bisnismu tetap bertahan. Mencipatakan rencana-rencana baru guna menghadai new normal. Membuat rencana baru tentu perlu melakukan riset dan survai mengenai hal apa saja yang akan menjadi tren selanjutnya. Dari beberapa riset yang ada, website toko online merupakan salah satu daftar rencana baru yang dapat kamu gunakan dalam menghadai new normal.

BACA ARTIKEL : Pentingannya Website atau Toko Online Untuk para UMKM

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Dengan adanya pandemic tentu banyak orang hanya berdiam diri didalam rumah. Banyak waktu yang mereka habiskan dengan media social. Adanya hal tersebut sebaiknya dimanfaatkan oleh para UMKM dan pemiliki bisnis lainnya.  Media social dapat digunakan untuk wadah dalam melakukan promosi dan memasarkan produk yang anda miliki. Salah satu hal penting sebelum memasarkan produk ke media social, sebaiknya anda memiliki website. Mengapa demikian ? karena dengan memiliki website akan membuat usaha anda lebih terlihat professional dan terpercaya.

Salah satu perusahaan jasa website murah yang dapat anda gunakan adalah jagowebdesign.com.

  1. Menjaga komunikasi dengan Pelanggan

Komunikasi meruapakan hal yang penting terutama menjaga komunikasi dengan para pelanggan. Di era seperti ini anda dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu agar komunikasi kepada pelanggan berjalan dengan baik. Menjaga komunikas dengan pelanggan merupakan salah satu stategi yang penting agar bisnismu dapat bertahan. Komunikasi yang lancar akan membuat para pelangganmu merasa menjadi prioritas.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online
  1. Menciptakan pasar baru

Menciptakan pasar baru akan memudahkan anda untuk mendapatkan pelanggan baru sehingga terhindar dari adanya persaingan ketat dari para competitor bisnis lama. Dalam keadaan yang tidak stabil saat ini mencoba mencipakan pasar baru tidaklah salah. Pasar baru yang anda ciptakan dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada. Sehingga anda tetap dapat mendapatkan penghasilan di masa new normal dengan adanya bisnis baru yang sesuai namun tetap mematuhi protocol Kesehatan.

  1. Menciptakan inovasi baru

Di era new normal semua kalangan berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai inovasi baru di dalam bisnisnya. Untuk anda para UMKM inovasi yang tepat untuk bisnis anda adalah dengan memiliki website. Inovasi dalam metode penjualan sangatlah penting. Mulai kembangkan bisnis offline anda dengan bisnis online. Hal pertama yang dapat anda lakukan dalam melakukan inovasi produk adalah dengan melihat perluang-peluang yang ada. Untuk mendukung perkembangan bisnismu, sehingga bisns barumu dapat menyebar dan diketahui secara luas dengan cepat silahkan bergabung Bersama https://www.jagowebdesign.com/toko-online.php. Disini anda akan mudah untuk mengembangkan produk-produk barumu dengan memiliki website.

Itulah beberpa strategi bisnis yang dapat anda lakukan di masa new normal ini. Di masa new normal ini kita diharuskan tetap melakukan social distancing agar terhindar dari paparan virus corona. Untuk para UMKM dan pemilik bisnis lainnya memiliki website toko online dan website perusahaan merupakan hal yang tepat, dimana anda tanpa harus bertatap muka secara langsung namun bisnis dan usaha anda tetap dapat berjalan. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan untuk anda yang memiliki website. Selain itu dengan memiliki website juga akan membuat toko anda dapat diakses setiap saat dan hal ini tentu memudahkan para calon pembeli melakukan transaksi setiap saat.