Website Toko Online

0
227
Website Toko Online
Website Toko Online

Website Toko Online – Saat ini dunia bisnis sudah semakin berkembang setelah adanya toko online di Indonesia. Dulu, orang-orang bertransaksi dengan cara face to face. Penjual bertemu dengan pembeli lalu terjadi negosiasi harga, kemudian transaksi. Kini cara seperti itu sudah di upgrade dalam bentuk digital yang pastinya lebih mudah dan praktis. Kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke toko untuk membeli atau sekedar melihat-lihat saja. Sekarang, hanya bermodalkan ponsel dan menginstall softwarenya kita dapat berbelanja dimana pun dan kapan pun ketika kita membutuhkan.

Sejarah Website Toko Online Di Dunia

Awal terciptanya toko online pada tahun 1990, awalnya seseorang yang bernama Tim Berners-Lee membuat web browser World Wide Web yang biasa kita kenal dengan www yang dapat mengubah jaringan yang tadinya untuk akademik dijadikan sebagai sistem komunikasi untuk seluruh orang secara menyeluruh, yang dikenal dengan nama Internet.

Figure 1 Sejarah E-Commerce Di Dunia

Jika kita telisik lagi mengenai sejarah toko online, maka Pizza Hut-lah yang menjadi pertama yang menghadirkan toko online. Pizza Hut menyediakan fasilitas pemesanan online atau pengiriman kerumah untuk testing di Santa Cruz, California pada tahun 1994.

Tahun 1995, muncul toko buku online Amazon. Belakangan perusahaan Amazon sadar akan barang dagangan lainnya pula yang memiliki banyak permintaan, hingga akhirnya perusahaan tersebut memperluas dengan menjual berbagai komoditas. Kini, Amazon telah mempunyai 20.700 karyawan dengan keuntungan net US$902 juta tahun 2009.

Baca Artikel Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Website

Setelah itu pada tahun 2007 seluruh daerah sudah mempunyai opsi dalam sistemnya. Banyak perusahaan Eropa dan Amerika yang menyediakan fasilitas pelayanan melalui www pada tahun 2000, sejak saat itu orang mulai mengasosiasikan e-commerce sebagai kemampuan untuk membeli berbagai produk melalui internet. Hanya agar diketahui, istilah e-commerce saat zaman dahulu lebih dikenal transaksi secara online.

Saat ini sudah hampir toko yang ada di dunia mempunyai website toko online. Semua ini didasari oleh akses internet menjadi semakin cepat dan teknologi pun sudah semakin maju dan sector jual beli pun perkembangannya sudah sangat pesat dan memiliki banyak peminat.

Saat ini orang-orang lebih memilih untuk belanja online daripada datang ke store karena beberapa alasan yang sangat menguntungkan para pelanggan ketika belanja online misalnya seperti harga yang menarik dan lebih nyaman.

Awal Website Toko Online Di Indonesia

Figure 2. Awal Website Toko Online di Indonesia

IndoNet merupakan toko online yang pertama kali ada di indonesia. Dikala itu, IndoNet selaku Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Hal ini menjadikan IndoNet sebagai dasar pemanfaatan teknologi untuk seluruh bidang. Tidak terkecuali pada bisnis online.

Setelah itu, perintis jual beli online pada tahun 1996 adalah Dyviacom Intrabumi ataupun D- Net. Kedatangan media transaksi ini pasti saja jadi berita yang baik tidak cuma owner bisnis melainkan konsumen. Dengan memakai internet, proses transaksi hendak jauh lebih gampang.

Hendak namun, pada mulanya, pemakaian internet cuma sebatas menunjukkan produk. Buat transaksi pembayaran, senantiasa saja antara penjual serta konsumen wajib berjumpa. Sebutan tersebut setelah itu hari dinamakan cash on delivery( COD).

Baca Artikel : Website Toko Online Murah

Bersamaan berkembangnya kemajuan teknologi, muncul pula toko online. Setelah itu, inilah titik mula timbulnya toko online di Indonesia.

Di tahun 2011 aplikasi Gojek muncul sebagai aplikasi ojek online. Gojek bertransformasi menjadi layanan pesan antar makanan dan lainya. Dari Gojek ini timbul e-commerce lainya seperti Grab dan lainya.

Di tahun 2021 ini website toko online sudah cukup berkembang, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.

Contoh Toko Online  

1. Marketplace

Saat ini jual beli melalui online sudah sangat ramai digunakan. Dan adapun beberapa marketplace yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lain sebagainya.

2. TV Kabel dan Internet Provider

Belangganan internet serta TV kabel pun sudah sangat lama digunakan, hal ini merupakan salah satu bentuk e-commerce. Beberapa perusahaan yang sudah cukup lama ada di bisnis TV dan Kabel adalah indovision, indihome, firstmedia dan lain sebagainya.

3. Internet Bangking dan e-wallet

Bagian aktivitas dari e-commerce adalah transaksi pembayaran lewat internet serta jaringan telekomunikasi.

Baca Artikel Tentang Tips Membuat Katalog Produk untuk Tingkatkan Penjualan Online Shop

Tata Cara Pembayaran Toko Online

Untuk pembayaran e-commerce sendiri terdapat tiga jenis pembayaran yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

Pembayaran Melalui Transfer

Pembeli mentransfer sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada pihak penjual, baik melalui mesin ATM ataupun jenis aplikasi mobile perbankan. Setelah dilakukan pembayaran maka pesanan akan segera diproses secara otomatis.

Pembayaran Elektronik

Pembayaran elektronik merupakan pembayaran dengan memakai pembayaran non tunai. Misalnya dengan memakai m-banking, ovo, gopay, dana, linkaja dan lain sebagainya.

COD atau Cash On Delivery

Transaksi COD merupakan tipe transaksi sangat nyaman, sebab pembeli serta penjual hendak berjumpa langsung buat melaksanakan transaksi. Istilahnya terdapat duit terdapat benda. Sebagian jasa pengiriman melayani transaksi tata cara COD yang sanggup meminimalisir penipuan online.

Kesimpulan

Baiklah, kita sudah membahas sejarah e-commerce atau toko online di Indonesia tentunya setelah membaca sejarah wawasan kita pun semakin bertambah, kita jadi tahu awal mula adanya toko online hingga sampai sekarang menjadi sebuah aktivitas sehari-hari kita, hampir dipenjuru dunia semua sudah serba online dan praktis.

Hal tersebut pun mempengaruhi banyaknya para pedagang dan pembisnis membutuhkan website, jasa pembuatan web toko online pun bertebaran dimana-mana, salah satu jasa pembuatan website toko online di Indonesia adalah Jagowebdesign.

Jagowebdesign menyediakan beberapa jenis website yang kalian butuhkan mulai dari toko online, website perusahan dan lainnya. Cek sekarang juga dan segera buat website Anda.

Saat ini dunia bisnis sudah semakin berkembang setelah adanya toko online di Indonesia. Dulu, orang-orang bertransaksi dengan cara face to face. Penjual bertemu dengan pembeli lalu terjadi negosiasi harga, kemudian transaksi. Kini cara seperti itu sudah di upgrade dalam bentuk digital yang pastinya lebih mudah dan praktis. Kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke toko untuk membeli atau sekedar melihat-lihat saja. Sekarang, hanya bermodalkan ponsel dan menginstall softwarenya kita dapat berbelanja dimana pun dan kapan pun ketika kita membutuhkan.