Bagaimana Cara Menentukan Palet Warna pada Sebuah Desain

0
87
Bagaimana Cara Menentukan Palet Warna pada Sebuah Desain
Bagaimana Cara Menentukan Palet Warna pada Sebuah Desain

Bagaimana Cara Menentukan Pallete Warna pada Sebuah Desain – Dalam sebuah desain website, warna termasuk salah satu aspek yang membuat tampilan website jadi menarik atau tidak. Pemilihan warna yang tepat akan memberi kesan “welcome” yang baik kepada para pengunjung website. Kira-kira bagaimana cara menentukan palet warna yang menarik itu?

Untuk mendapatkan warna yang eye catching para desainer pro umumnya akan membuat perpaduan warna atau color palette. Perpaduan warna yang dimaksud merupakan sekumpulan warna yang dicampur dan dicocokan hingga mendapatkan kombinasi warna menarik dan unik. Adapun yang perlu digaris bawahi color palette bukan sekedar menggabungkan dua warna tapi lebih dari itu.

Mempelajari palet warna bisa digunakan untuk membantu menentukan warna yang cocok untuk website.

Panduan Menentukan Palet Warna Desain

Bukan hal mudah menentukan palet warna pada desain yang pas, namun tentu bukan hal sulit pula untuk dipelajari. Agar dapat menghasilkan warna menarik kiranya kamu mesti menyimak dan memahami beberapa panduan berikut:

1.  Mempelajari Psychology of Color

Setiap pilihan warna ternyata dapat memberi pengaruh dari sisi kesan dan reaksi pengunjung website. Sebagai contoh, penggunaan warna kuning akan memberi kesan ceria, bahagia, energik, dan optimis. Sementara penggunaan warna hijau akan memberi kesan lebih dekat dengan alam, fresh, nyaman, dan santai.

Setiap warna memiliki kesan berbeda-beda. Kamu dapat memilih warna sesuai dengan kesan yang ingin ditonjolkan pada desain website. Di sinilah pentingnya belajar psychology of color dalam panduan cara menentukan palet warna, tujuannya tentu agar tidak salah pilih warna.

Psikologi Warna
Cara Menentukan Palet Warna | Psikologi Warna

2.  Menggunakan Color Theory

Color theory merupakan sebuah tools yang dapat memudahkan kamu menentukan warna yang eye catching dan sekaligus nyaman dilihat. Warna yang harmoni bisa kamu upayakan dengan menggunakan skema warna sebagai acuan. Setidaknya ada tiga skema warna yang dapat dijadikan acuan seperti warna monochrome, complementary, dan analogous.

  • Monochrome

Skema warna monochrome adalah yang paling gampang di mix and match. Hal ini karena warna monochrome bersifat general yang sangat aman dan bebas dipadukan.

  • Complementary

Skema warna complementary mempunyai warna yang beragam tapi tidak terlalu ramai. Karena warna yang satu dengan lainnya dapat menyatu dan memberi kesan harmoni.

  • Analogous

Skema warna analogus memiliki karakter kuat karenanya cukup sulit di padukan. Skema warna ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan desain website berkesan colorfull.

3.  Membangun Karakteristik Bisnis

Untuk memperoleh warna yang menarik dan sekaligus powerfull dibutuhkan perpaduan warna. Kombinasi ini bisa dihadirkan dalam tiap elemen. Sebagai contoh warna yang berbeda untuk background, header, footer, tombol CTA, dan lainnya.

Pemilihan warna yang tepat ternyata tidak hanya memberi kesan menarik tapi juga dapat membangun karakteristik bisnis atau branding yang penting dalam meningkatkan brand awareness. Paduan warna yang menarik akan mudah diingat pengunjung website dan membuat mereka langsung teringat bisnis kamu.

Di sini kamu perlu menciptakan warna yang akan menjadi karakteristik bisnis yang dijalankan. Untuk bisa memilih warna yang pas kembali lagi pada 2 poin sebelumnya yakni mempelajari psychology of color dan menerapkan color theory.

Baca Artikel : Cara Melakukan Update Tema WordPress

Kesimpulan

Para pengunjung website pada umumnya akan senang dengan tampilan warna yang ramah di pandang dan tidak mengganggu fokus mereka saat mencari info yang dibutuhkan. Di sinilah paduan warna yang harmoni bisa menyatu harus kamu unggulkan terlepas dari pilihan warna apa saja yang dipilih. Dari panduan cara menentukan palet warna di atas bisa disimpulkan kamu cukup memperhatikan warna palet yang cocok dipadu-padankan.

Nah jika kamu tertarik mempelajari warna untuk bermain design apapun, bisa banget menggunakan prinsip memilih warna seperti teori di atas. Mempelajari warna selain sangat bergantung kepada selera, jam terbang juga perlu dilihat dari berbagai teori.

jasa pembuatan website

Jika kamu ingin membuat website namun malas membuat websitenya dari awal dan mempelajari warna, bisa banget mempercayakan pembuatan website bisnis Anda ke jasa website jogja  Jagoweb Design. Jasa website murah yang membantu Anda memiliki website profesional dengan harga yang terjangkau.

Ada banyak paket website yang bisa Anda gunakan seperti jasa toko online, website company profile sampai dengan website berita.

Harga mulai 400 ribuan dapat website terbaik!