Step by Step Menjadi UI/UX Designer

0
74
Step by Step Menjadi UIUX Designer
Step by Step Menjadi UIUX Designer

Step by Step Menjadi UI/UX Designer – Menjadi seorang UI/UX designer ternyata tidak mengharuskan kamu untuk mengenyam pendidikan tertentu. Ilmu yang kamu butuhkan terkait profesi UI/UX designer bisa dipelajari sendiri, tentunya selama ada niat kuat. Lantas, bagaimana cara menjadi ui/ux designer? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Cara Menjadi UI/UX Designer

Profesi UI/UX designer sekarang ini menjadi satu yang banyak dicari. Hal yang wajar di era digital seperti sekarang ini, di mana internet menjadi satu kebutuhan pokok untuk mengakses banyak informasi. Karenanya banyak kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang tentu sayang dilewatkan. Untuk kamu yang penasaran dengan profesi ini dan ingin mencoba peluang karirnya berikut step by step jadi UI/UX designer yang bisa kamu ikut, diantaranya:

1.  Mempelajari Prinsip UI/UX Designer

Semua aspek visual yang disuguhkan dalam web merupakan cakupan dari UI (User Interface). Untuk bisa menjadi UI/UX web designer tentu kamu harus mempelajari dan mengenal prinsip UI/UX design itu sendiri. Beberapa prinsip dasar yang harus dikuasai lebih dulu diantaranya dasar warna, psikologi warna, keseimbangan, kontras, hingga topografi.

Baca Artikel Tentang : Bagaimana Cara Menentukan Palet Warna pada Sebuah Desain

2.  Berburu Informasi Terkait Proses Kreatif UI/UX

Cara menjadi ui/ux designer selanjutnya adalah belajar proses kreatif UI/UX designer. Dalam proses ini seorang desainer harus melakukan riset lebih dulu, mencari ide inspirasi, dan berlanjut ke tahap mendefinisikan ide yang sudah dikantongi.

Tidak berhenti di situ, proses kreatif dilanjutkan ke tahap pengembangan membuat konsep dan mengujinya sampai mendapat hasil sesuai keinginan. Sesudahnya desainer perlu delivery sebagai proses penyelesaian proyek.

3.  Memperbanyak Referensi

Ilmu terus berkembang demikian pula tentang UI/UX design. Karenanya kamu tidak boleh cepat puas melainkan harus memperbanyak referensi untuk menambah pengetahuan. Sehingga nantinya menjadi expert untuk mampu membedakan desain yang bagus dan tidak, menilai kelebihan dan kekurangan, dan sebagainya. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan referensi.

Website murah
Harga Biklin Website murah

4.  Mempelajari Software Untuk UI/UX Designer

Sekarang ini software dan tools untuk UI/UX designer semakin bermacam. Pelajari semua yang dibutuhkan untuk bisa menyalurkan ide sesuai harapan. Adapun beberapa perangkat lunak yang biasa digunakan diantaranya Adobe XD, Balsamiq, dan Sketch.

5.  Mengikuti Kelas UI/UX Designer

Mungkin kamu tipe orang yang bisa belajar mandiri. Akan tetapi, tentu akan lebih baik jika kamu mengikuti kelas khusus UI/UX designer. Kelas ini menjadi wadah untuk belajar tumbuh dan berkembang layaknya UI/UX designer profesional.

Nilai lebihnya kamu akan belajar langsung dari sosok yang sudah memiliki pengalaman dan bahkan menjadi pakar. Adapun biaya untuk mengikuti kelas UI/UX designer cukup terjangkau. Pastinya sebanding dengan ilmu yang akan kamu dapatkan.

6.  Menemukan Teman Diskusi

Step belajar UI/UX design yang tidak kalah seru adalah berdiskusi dengan teman yang memiliki ketertarikan sama. Dalam hal ini kamu bisa join ke dalam komunitas yang menghimpun banyak UI/UX designer. Komunitas ini bisa menjadi tempat terbaik untuk bertanya dan bertukar gagasan. Tentu ada banyak ilmu dan jalinan koneksi yang penuh dengan manfaat saling support.

7.  Membuat Portofolio

Langkah terakhir, ambil langkah nyata membuat portofolio sendiri. Langkah ini sangat penting terlebih jika kamu berniat melamar pekerjaan. Dengan membuat portofolio kamu pun berkesempatan mengembangkan skill dan kreativitas yang dimiliki.

Mempelajari UI/UX website menghindari dari kemungkinan user experience website yang buruk sehingga hasilnya website bisa lebih baik dan juga user friendly untuk banyak orang.

Baca Juga Artikel : Langkah-Langkah Membuat Web Layout Design Yang Menarik

Kesimpulan

Untuk menjadi UI/UX designer hanya dibutuhkan niat kuat dan kegigihan dalam belajar ilmu baru secara aktif. Karena cara menjadi ui/ux designer termasuk skill yang bisa dilatih selama ada kemauan. Terus konsisten dan semangat sampai kamu mencapai target-target yang sudah kamu tetapkan ya!

Membangun website untuk seseorang yang memang tertarik dengan UI/UX designer memang mudah, namun untuk seseorang yang tidak memiliki ketertarikan dengan website, akan lebih baik menggunakan jasa web murah. Lebih mudah, dan siap pakai sangat friendly untuk pemula.

jasa pembuatan website
Jasa Pembuatan Website Murah

Jasa website mulai dari 400 ribuan untuk Anda. Cukup murah dan tentunya profesional. Pilih segera desain website yang kamu inginkan untuk kemudian serahkan kepada Jagoweb Design untuk pembuatan website langsung jadinya.

Sekian ulasan tentang Step by Step Menjadi UI/UX Designer hari ini, semoga bermanfaat!