Langkah-Langkah Membuat Web Layout Design Yang Menarik

0
217

Langkah-Langkah Membuat Web Layout Design Yang Menarik – Saat ini semakin banyak saja pelaku bisnis yang memanfaatkan website untuk sarana marketingnya. Maka tidak heran, Web Design semakin diincar setiap harinya. Mengingat kualitas website untuk bisnis itu sendiri perlu untuk diperhatikan. Website tidak hanya memerlukan “mesin” yang optimal. Namun perlu juga peranan User Interface / User Experience (UI/UX) yang menarik agar pengguna betah berlama-lama mengunjungi website bisnis tersebut.

UI/UX atau web layout design merupakan langkah yang paling utama dalam pembuatan sebuah situs web. Namun masih banyak para fresh graduate atau web designer pemula yang melakukan kesalahan umum saat pembuatan layout design. Padahal semua perusahaan konsultan teknologi terutama web developer sudah mengetahui segala sesuatu yang harus dipertimbangkan dan dilakukan sebelum memulai suatu project serta memperhatikan setiap prosesnya.

Baca Artikel : Langkah Mudah Membuat Landing Page Untuk Meningkatkan Rate Website

Sebelum mengembangkannya lebih jauh, ada beberapa hal harus anda lakukan untuk membuat rangka berpikir sebelum membuat website. Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk membuat web layout design yang baik :

  1. Tuangkan apa yang dipikirkan pada secarik kertas

Langkah pertama, mulailah dengan membuat ilustrasi web layout design terlebih dahulu pada secarik kertas. Lalu diskusikan dengan team bagaimana anda akan membuat suatu web layout design yang menarik. Dalam hal ini, mulailah untuk memikirkan konten dan penataan letak yang maksimal serta sitemap yang berfungsi dengan tepat. Dalam hal ini, anda perlu menggunakan Photoshop atau Adobe Ilustrator untuk membuat tampilan lebih berwarna.

  1. Sketching a top level framework

Selanjutnya, anda perlu membuat kerangka website yang akan membantu anda mendapatkan solusi atas masalah User Experience (UX). Anda juga perlu mencari solusi atas top level framework atau User Interface yang berada disekitar konten serta akan membantu aktivitas dan navigasi lebih terarah, seperti sidebar dan bottom bar.

  1. Buatlah grid pada PSD

Jangan lupa, anda perlu membuat grid pada awal pembuatan layout agar design anda menjadi lebih rapi. Anda juga perlu menambahkan 978 grid dengan baseline 10px. Dengan grid ini, membantu anda membentuk struktur layout menjadi bagian yang berbeda-beda sehingga anda akan lebih mudah untuk membuat template sesuai dengan ukuran dan memiliki jarak yang cukup rapi & teratur.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online
  1. Pilihlah typography yang sesuai

Yang penting adalah memperhatikan pembuatan layout yang berupa typography. Pemilihan typeface atau font family serta warna font yang tepat akan menciptakan website yang enak dilihat. Dalam satu layout design, anda hanya perlu menggunakan dua jenis font. Dalam hal ini, anda perlu memilih font yang mudah dibaca bahkan dalam waktu lama. Sebab akan membuat makna tulisan tersebut tersampaikan dengan baik secara visual. Pemilihan ukuran font (besar atau kecil) tidak terlalu jadi masalah. Anda perlu tetap konsisten dengan penggunaan font tersebut.

  1. Pilih warna tema

Anda juga perlu memilih warna tema senada & sesuai. Lakukanlah dengan mempersempit gradasi warna yang ada. Contohnya apabila anda memilih warna merah, maka carilah di bagian gradasi warna merah saja. Anda juga perlu menyesuaikan warna yang digunakan pada User Interface (UI) serta text & background. Sebaiknya anda menggunakan warna yang terbatas atau senada untuk layout secara keseluruhan.

Baca Artikel : Aplikasi Logo Maker yang Cocok untuk Pemula 

  1. Gunakan pembagian layout

Selanjutnya anda perlu membuat struktur layout sesederhana mungkin agar mudah digunakan oleh pengguna (user friendly). Namun jangan lupa unsur estetika atau keindahannya. Setiap bagian dari suatu layout harus bisa menjawab dan memberikan hasil dari apa yang pengguna lakukan di website tersebut dengan mudah.

  1. Mengeksplorasi fungsi

Ada banyak sekali pola design yang dapat dibuat sesederhana mungkin dan efisien namun tetap menarik. Namun, seringkali beberapa web designer tidak memiliki waktu untuk mengevaluasi dan mengubahnya. Contohnya, pada fungsi search, tidak semua website memerlukan fungsi search.

Sebab kesederhanaan website dengan fungsi yang sesuai serta dapat memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang dicari pengguna sudah mewakili bahwa website tersebut memang layak dan baik dalam sisi penggunaan UI/UX.

  1. Cari inovasi baru

Cobalah  memberikan inovasi baru di setiap project. Proses evaluasi bersama sangatlah penting untuk memberikan inovasi baru terkait dengan web layout design. Mulailah berinovasi dengan sistem grid, memikirkan komponen dengan fitur baru, dan mengeksplorasi penggunaan warna yang spesifik.

  1. Detail juga harus diperhatikan

Terakhir, anda perlu memperhatikan kembali detail-detail layout seperti flow, animasi, hingga design. Ujicoba dan teliti kembali semua design tersebut, jangan lupa untuk menghilangkan bayangan atau garis yang dirasa mengganggu.

  1. Berikan karya terbaik

Dan yang terpenting, anda perlu memperhatikan setiap detail dari komponen bukan hanya sekedar pelengkap. Setiap bagian harus diperlakukan sebagai design utama. Hal ini juga tidak dapat dikesampingkan. Sehingga anda bisa meminimalisasi ketidakcocokan design antara bagian satu dan bagian lainnya. Anda juga dapat memberikan karya terbaik bagi pemilik website.

Yang perlu diingat, setiap detail dari suatu website itu sangatlah penting. Anda sangat perlu untuk memperhatikannya dengan baik. Anda bisa melakukan hal-hal tersebut secara berurutan untuk mendapatkan web layout design yang menarik perhatian lebih banyak pengunjung. Dalam hal ini, anda bisa mengkonsultasikannya kepada jasa website profesional seperti Jago Web Design. Bersama Jago Web Design, dapat dipastikan, anda akan memiliki website bisnis profesional dengan web design yang jauh lebih cantik. Kunjungi www.jagowebdesign.com informasi selengkapnya.