Jenis Control Panel Hosting yang Banyak Digunakan

0
120
Control Panel Hosting
Jenis Control Panel Hosting yang Banyak Digunakan

Jenis Control Panel Hosting yang Banyak Digunakan – Control panel adalah satu tools yang digunakan untuk membantu pengelolaan website, domain dan hosting untuk pengguna layanan hosting. Dimana control panel ini hanya bisa diakses secara privat oleh pengguna hosting.

Dengan menggunaan control panel, pengelolaan hosting, domain dan website menjadi lebih mudah dan simpel. Di dalamnya menggunakan perintah-perintah dan menu yang mudah dipahami pengguna. Sehingga pelanggan hosting  tidak perlu mengelola website secara teknis.

Sekarang ini ada banyak sekali control panel hosting yang bisa digunakan untuk mengelola web hosting. jika kamu menggunakan layanan hosting maupun jasa website, pasti sudah pernah mengakses control panel ini. Apa saja sih control panel hosting yang banyak digunakan di pasaran? Mari kita berkenalan dengan control panel hosting di ulasan hari ini.

Control Panel Hosting

Merupakan tools/alat yang berfungsi untuk mengelola hosting, domain dan website yang bisa digunakan dalam  bentuk software maupun berbasis web.

Secara sederhana, tempat untuk mengatur domain, website, dan hosting adalah control panel ini. Dengan begitu menggunakan satu alat saja semua urusan pengelolaan website bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum muncul control panel seperti sekarang ini, dulu pengelolaan websites, domain dan hosting dilakukan secara manual.

Kebayangkan bagaimana sulitnya untuk mengelola website!

Sekarang semua pengaturan sudah terbungkus rapi dan mudah karena sudah tersedia berbagai menu di control panel yang digunakan.

Baca : Domain Apa yang Cocok Untuk Website Anda?

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Control Panel Hosting?

Secara terperinci apa saja sih hal yang bisa kita lakukan dari control panel hosting ini? Kenapa satu tools bisa digunakan untuk mengelola banyak tugas pengelolaan web hosting?

Mari kita lihat lebih detail tentang fungsi kontrol panel ini.

1. Mengelola Domain

Pengelolaan domain yang utama ada pada control panel ini, memiliki banyak menu untuk pengaturan domain. Mulai dari menambahkan domain, pengelolaan subdomain, redirect domain dan lain sebagainya ada disini.

Jadi kamu tidak perlu bingung-bingung lagi jika perlu mengatur domain saat dibutuhkan, semuanya sudah tersedia lengkap di control panel ini.

2. Mengelola Database

Database adalah pengelolaan data website agar bisa tersimpan di hosting dan bisa diakses secara online. Di pengaturan database inilah kamu bisa mengelola semua data, baik itu mengedit data, menambahkan, mengelola dan lainya.

Jika kamu memiliki website toko online atau website lainya yang memiliki konten padat maka di database inilah pengelolaan data dan konten bisa dilakukan.

3. Mengelola Email

Selanjutnya adalah pengelolaan email domain, jika kamu ingin menambahkan email domain bisa banget di lakukan melalui control panel. Pengelolaan email ini berupa menambahkan email, menghapus email dan juga mengatur email tersebut.

4. Penginstalan Software

Software pendukung website juga bisa lho diinstal dari control panel. Misalnya kamu ingin membuat website, maka dengan mudah mencari software CMS yang bisa digunakan. Misalnya WordPress, Drupal atau juga Joomla selain itu control panel yang lainya untuk pendukung website bisa juga di dapatkan.

5. Mengelola Backup

Jangan lupa untuk mengamankan data kamu di website, dengan cara melakukan backup rutin dan restore. Hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan di control panel hosting. sehingga semua data akan aman. Backup ini penting ketika kamu melakukan pengembangan website, jika ada kerusakan maka data akan aman.

Baca Artikel Tentang : Apa Pengaruh Loading Speed Untuk Keberhasilan Website?

6. Informasi Hosting

Informasi hosting, berapa saja disk yang sudah digunakan, Riwayat login,  statistic penggunaan hosting sudah tersedia semuanya di home control panel jadi kamu bisa selalu update dengan kondisi hosting.

7. Keamanan

Jangan lupa lagi untuk mengamankan website menggunakan menu-menu atau fitur yang sudah disiapkan di control panel hostingnya. Ada beberapa fitur keamanan yang bisa digunakan dan siap melindungi website kamu.

Itulah beberapa fungsi dari control panel untuk kamu, cukup lengkap sekali bukan? dalam satu tools ada banyak menu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Contoh Control Panel Hosting

Ada beberapa contoh control panel hosting yang banyak digunakan. Ketika kamu menggunakan layanan hosting maka bisa memilih control panel hosting yang pas.

Control Panel Hosting
Figure 1 Contoh Control Panel Hosting

Kesimpulan

Mengelola hosting dan website bisa dilakukan dengan mudah menggunakan control panel hosting. Dengan menggunakan satu tools ini semua pekerjaan pengelolaan website bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Ada banyak control panel yang bisa digunakan misalnya cpanel, plesk, directadmin dan CWP atau banyak lainya.

Baca : Rekomendasi Buat Website Profesional di Jogja

Itulah penjelasan mengenai control panel hosting, jika kamu ingin membuat website dengan mudah tanpa harus mendaftarkan domain dan hosting bisa menggunakan jasa pembuatan website Jagoweb Design. Dengan paket lengkap dan harga yang terjangkau untuk mengelolanya.