Kapan Waktu yang Tepat Membuat Website Portofolio?

0
240
self branding ala jagowebdesign

Kapan Waktu yang Tepat Membuat Website Portofolio? – Apakah kamu sudah mengetahui apa itu website portofolio? Website portofolio adalah website yang dibuat sebagai wadah untuk menyimpan karya yang telah kita buat. Dimana website ini berguna untuk memperlihatkan bahwa kita memiliki skill atau kemampuan di bidang tersebut. Di zaman digital, portofolio tidak lagi dikumpulkan dalam bentuk hardfile seperti dahulu, namun disimpan dalam bentuk softfile yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Jadi ketika ada orang yang membutuhkannya, kita bisa memberikan potofolio dengan mudah dengan memberinya alamat website.

Apakah website portofolio ini penting? Tentu. Website portofolio sangat penting untuk seseorang yang bekerja di bidang tertentu. Cara membuat website portofolio juga cukup mudah, gunakan jasa pembuatan website kemudian kamu tinggal menambahkan konten disana. Mudah bukan? Yuk kita bahas hal-hal seputar website portofolio terbaik untuk kamu di artikel kali ini.

Waktu untuk Membangun Website Portofolio

Ada beberapa waktu ketika kamu membutuhkan website portofolio, ada beberapa waktu dimana kamu bisa mempersiapkannya dengan baik sehingga saat dibutuhkan website portofolio sudah siap ditampilkan untuk umum. Berikut adalah waktu untuk membangun website portofolio untuk kamu

Saat Kuliah

Saat kuliah adalah waktu yang tepat dimana kamu memulai untuk membuat website portofolio, karena di masa kuliah ini adalah waktu dimana kamu bisa mengumpulkan banyak karya dari tugas-tugas yang diberikan dosen kepadamu. Daripada dianggurkan, lebih baik digunakan untuk portofolio. Beberapa jurusan yang bisa menggunakan tugasnya untuk koleksi portofolio adalah jurusan arsitektur, fashion design, DKV, tari, seni rupa, teknik maupun jurusan yang lainya.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online

Beberapa jenis portofolio saat kuliah ini sangat berguna untuk proses melamar kerja setelah lulus kuliah, sehingga kamu bisa memperbesar peluang mendapat pekerjaan di bidang yang sama dengan memperlihatkan portofolio semasa kuliah kamu. Dengan begitu kamu memiliki senjata dan bisa membuktikan kemampuan kamu di bidang tersebut sehingga bisa meyakinkan HRD bahwa kamu memiliki skill di bidang tersebut.

Portofolio dan melamar pekerjaan ini sangat penting lho dimiliki. Yuk kumpulkan portofolio kamu mulai dari sekarang agar bisa digunakan saat melamar pekerjaan setelah lulus nanti!

Ketika Memiliki Pekerjaan Tetap

Masuk dalam dunia kerja sudah sangat sibuk? Taukah kamu ketika kamu masuk dalam dunia kerja, tanpa sadar skill yang kamu miliki akan mengalami perkembangan. Di waktu bekerja inilah waktu yang tepat untuk melakukan pengembangan diri dan belajar banyak hal. Dari pekerjaanmu ini kamu bisa membuat portofolio.

Jika belum memiliki portofolio saat kuliah, memiliki website portofolio di masa kerja juga tidak masalah. Kamu tinggal mengumpulkan karya atau project yang kamu kerjakan selama bekerja ini jadi sambil menyelam sambil minum air. Proyek yang kamu kerjakan sekaligus untuk koleksi portofolio.

Baca Artikel : Mengenal Website Berdasarkan Fungsinya. Apa saja??

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membuat portofolio di masa kerja ini adalah kamu bisa mendapatkan tawaran project di luar pekerjaan utama dan sebagai bekal jika kamu berencana resign dan pindah kantor sehingga kamu sudah memiliki senjata untuk membuktikan kemapuanmu saat melamar pekerjaan di kantor yang lain. Mendapatkan tawaran project di luar pekerjaan utama juga sangat menarik, bisa sebagai tambahan penghasilan untuk menabung.

Beberapa bidang kerja yang cocok untuk membuat portofolio website adalah Penulis, Foto dan videografer, editor, arsitek, pekerja seni dan designer. Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk membuat portofolio website untuk karirmu?

Ketika Sedang Menjadi Pekerja Lepas

Freelance adalah salah satu pekerjaan lepas yang banyak disukai anak muda zaman sekarang. Freelance memberikan kebebasan waktu dengan fee yang tidak kalah besar, tergantung jenis project apa yang kamu ambil. Selain memiliki waktu yang cukup fleksibel, menjadi pekerja lepas juga harus bisa menawarkan jasa yang ia berikan untuk menarik customer lainya. Apakah kamu adalah salah satu pekerja lepas tersebut?

 Membuat Website PortofolioMenjadi freelancer bisa dilakukan secara personal maupun dengan mengikuti situs freelance yang ada di internet. Freelancer secara pribadi berarti kamu harus menjual jasamu untuk customer. Nah kamu memerlukan portofolio untuk menarik minat konsumen agar mengetahui bagaimana kemampuanmu di bidang tersebut. Semakin bagus portofoliomu akan terlihat seberapa profesional kamu. Ikuti banyak project atau pun job untuk melatih dirimu dan untuk proses mengumpulkan portofolio. Pastinya semakin terasah, pengalaman semakin banyak dan profesionalitasmu juga meningkat.

Portofolio website sangat dibutuhkan untuk pekerja lepas karena ini senjata mereka agar tetap bisa mendapatkan job. Apakah kamu sudah memiliki portofolio website? Segera buat portofolio website untuk mendapatkan peluang lebih besar mendapatkan job. Membuat website portofolio bisa dengan mudah kamu lakukan dengan menggunakan jasa website maupun membangun website mandiri.

Beberapa bidang dipekerjaan lepas yang membutuhkan portofolio website seperti Makeup Artist, Fotografer, Model, Penulis, Designer, dan lain sebagainya.

Manfaat Dari Portofolio Website

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sudah membangun portofolio website adalah

  1. Menunjukkan Profesionalitas Kamu

Portofolio yang kamu buat bisa dilihat siapa saja, klien ketika menggunakan jasa kamu atau HRD ketika kamu sedang melamar pekejaan dan umum. Menggunakan website portofolio untuk   menunjukkan skillmu bisa memberikan kesan profesionalitas dari dalam diri kamu. Tentunya hal ini akan memberikan feed back untuk kamu sendiri. Lengkapi portofoliomu dengan hal-hal menyangkut dirimu. Foto yang menarik, biodata singkat dan karya kamu hal ini akan memberikan kesan profesional pada dirimu.

Baca Artikel : Halaman-Halaman Yang Harus Ada Dalam Website Bisnis 

Profesionalitas yang kamu bangun, akan memberikan peluang besar untuk kamu mendapatkan kesempatan. Misalnya saat mencari pekerjaan, HRD tentunya akan mencari kandidat berkualitas. Ketika kamu sudah memiliki persiapan seperti portofolio website dan skill mu cocok dengan posisi yang dilamar, HRD pasti akan memberikan peluang kepadamu untuk diterima kerja.

Peluang besar juga muncul ketika klien melihat website portofolio yang kamu miliki, kualitas diri dan hasil pekerjaanmu pasti dilihat dari portofolio website ini. Semakin tinggi kemampuanmu akan semakin menarik minat klien.

  1. Sebagai Self Branding

Hidup bersama dengan dunia digital, semua orang berlomba untuk membuat self branding untuk dirinya sendiri. Self branding ini merupakan citra yang ingin ia bangun di internet seperti media sosial atau website. Self branding ini berguna untuk kamu yang ingin menunjukan profesionalitas dan kelebihan kamu di internet sehingga kamu terlihat lebih terpercaya atau lebih kreatif dan lain sebagainya.

Misalnya kamu adalah seorang model, di internet orang akan langsung mengetahui kamu model dari konten yang kamu posting. Jadi kamu lebih mudah dikenali sebagai model dengan website portofolio ini.

Di tahun millenial dan modern ini, kamu perlu untuk membuat portofolio kamu lebih terpercaya dan berkualitas karena akan memberikan peluang untukmu di waktu tertentu. Membuat portofolio website bisa dilakukan secara mandiri ataupun menggunakan jasa website untuk membangun portofolio website terbaik untuk kamu. Salah satu layanan yang menyediakan pembuatan portofolio website adalah Jago Web Design, Yuk buat porotfolio website dan cek selengkapnya hanya di www.jagowebdesign.com