Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar

0
115
Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar
Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar

Tambah Kecepatan Website dengan Optimasi Gambar – Website lemot adalah salah satu masalah yang banyak terjadi, dan pastinya hal ini cukup mengganggu dan menjadi PR tersendiri untuk pengelola website. Pasalnya masalah website lemot ini menjadi penghalang utama untuk SEO website dan juga menjadikan website memiliki user experience yang buruk.

Salah satu hal yang membuat website lemot adalah penggunaan gambar pada website. Walaupun terlihat cukup sederhana dan tidak memiliki efek apapun, namun gambar pada website ini ternyata memberikan pengaruh besar untuk website lho.

Gambar yang memiliki resolusi tinggi akan menambah beban website sehingga loading speed website akan berkurang.

Nah salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimasi pada gambar website. Bagaimana hal ini dilakukan? Mari kita membahas satu persatu.

Optimasi Gambar Pada Website

Optimasi gambar merupakan bentuk pemaksimalan gambar di website agar ia bisa digunakan dengan baik untuk keperluan konten namun ukuran yang digunakan juga diatur sehingga gambar tetap bagus namun tidak memberatkan website.

Pengoptimasian gambar ini penting karena penggunaan gambar tertentu bisa memberikan imbas memperlambat kecepatan website. Padahal kita semua tahu bahwa penggunaan gambar menjadi satu hal yang berguna untuk website.

Selain digunakan sebagai komponen yang mempercantik juga digunakan untuk mendukung konten yang kita tulis. Sehingga website tidak hanya berisi deskripsi yang membosankan melainkan juga berisi komponen pendukung.

Apa Pengaruh Optimasi Gambar Pada Website?

Ada beberapa pengaruh ketika kita melakukan optimasi gambar pada website. Beberapa diantaranya adalah

1. Menambah Kecepatan Website

Salah satu manfaat dari mengoptimalkan gambar di website adalah untuk meningkatkan kecepatan website. Ukuran gambar yang besar akan berpengaruh terhadap beban website ketika menampilkan gambar.

Semakin besar ukuran gambar maka tentunya akan membuat beban website juga lebih berat sehingga membutuhkan waktu untuk bisa menampilkan gambar.

Begitu juga dengan ukuran gambar yang kecil, dimana ia akan dengan mudah dan cepat menampilkan gambar untuk websitenya.

Baca Artikel : Kenapa Website Perlu untuk Lebih Responsif?

2. Space Website Terjaga

Selanjutnya adalah mengoptimalkan ukuran gambar akan membuat space disk website lebih aman. Bayangkan jika kita setiap harinya mengisi konten website dan memasukkan gambar sebagai pendukung. Jika gambar berukuran besar semua, maka akan membuat disk website lebih gampang penuh.

Sehingga hal ini akan membuat kita lebih boros terhadap kebutuhan disk. Akibatnya perlu upgrading hosting yang lebih besar.

3. Website Terlihat Profesional

Loading lama untuk gambar atau juga penggunaan gambar yang terlalu kecil dan buram akan memengaruhi profesionalitas website kita. Jika kita menampilkan gambar normal tidak blur dengan ukuran yang pas tentunya akan lebih aman untuk website dan juga pembaca website kita sehingga website akan lebih terlihat profesional.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan ketika melakukan pengoptimasian gambar. Dimana akan berpengaruh terhdap kecepatan website sampai dengan meningkatkan kualitas website yang kita miliki. Pastinya semua orang akan suka jika website yang kita Kelola memiliki kualitas terbaik dan juga mudah diakses.

Apa Saja Pengoptimasian Gambar Itu?

Untuk proses pengoptimasian gambar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Tidak hanya dengan mengubah ukuran gambar saja, melainkan bisa dengan opsi yang lainya. Beberapa jenis cara pengoptimasian gambar adalah

1. Mengompres Gambar

Salah satu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan gambar adalah dengan mengkompress gambar yang akan digunakan. Gambar dikompres agar resolusinya menurun tanpa mengecilkan ukuranya.

Sehingga ketika di unggah di website, ukuran tetep optimal namun gambar memiliki resolusi yang disesuaikan, tidak blur.

2. Memilih Format Gambar

Format gambar juga termasuk dalam cara pengoptimasian. Seperti yang kita ketahui, untuk gambar ada beberapa format yang digunakan, yaitu jpg dan juga png.

Jpg ini banyak digunakan untuk gambar umum seperti foto, gambar, atau lainya. Sedangkan PNG digunakan untuk konten yang lebih kecil seperti vector, logo maupun screenshoot yang membutuhkan kualitas gambar yang bagus dan jelas.

Sebelum menggunakan gambar, akan lebih baik jika Anda menggunakan satu jenis format yang tepat sehingga dalam penggunaan gambar di website, bisa lebih pas.

3. Resize Gambar

Cara selanjutnya yang menjadi optimasi gambar adalah dengan melakukan resize gambar atau mengubah ukuran gambar menjadi lebih kecil. Resize ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tools seperti paint atau juga dengan software editing gambar seperti adobe photoshop.

Baca Artikel : Cara Meningkatkan Kulitas Website Anda

Jika Anda hanya membutuhkan ukuran gambar 400 x 400 namun mengunggah lebih dari itu tentunya akan menjadikan beban website terlalu tinggi dan menimbulkan loading yang lama.

4. Lengkapi dengan SEO Untuk Gambar

Optimasi juga bukan hanya tentang pengubahan ukuran saja, namun juga perlu dimaksimalkan dengan kondisi SEO website.

Gambar perlu dioptimasi dengan penggunaan keyword, alt teks dan juga deskripsi gambar sehingga hal ini akan memudahkan gambar terindeks dengan mudah sehingga bisa muncul di halaman gambar mesin pencari.

Nah itulah cara mengoptimalkan gambar di website. Anda bisa melakukan pengoptimalan dengan mudah dan cepat dengan beberapa cara diatas, sehingga hasil website pun juga lebih baik dari segi kecepatannya.

Kesimpulan

Optimasi gambar pada website sangat dibutuhkan untuk menghasilkan website yang berkualitas. Optimasi gambar ini sangat memengaruhi kecepatan website, sehingga penggunaan gambar yang besar atau gambar dengan jumlah banyak akan membuat website berjalan lebih lambat. Jadi jangan lupa untuk mengoptimalkan gambar agar performa website juga maksimal.

Jika ingin membuat website untuk berbagai kepentingan, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional Jagoweb Design. Jasa pembuatan website dengan banyak paket yang bisa dipilih. Harga mulai 700an dapat website terbaik dan berkualitas, mulai dari website toko online sampai dengan website layanan lainya. Cek harga dan kelengkapan pembuatan website dengan mudah di jasa website Jagoweb Design.

Baca Artikel : Tempat Bikin Website Murah di Jogja

Itulah ulasan mengenai optimasi gambar di website, Anda bisa melakukan optimasi untuk menambah kecepatan website dan membuat website bergerak lebih ringan.

Sekian ulasan hari ini tentang tambah kecepatan website dengan optimasi gambar, semoga bermanfaat!