Website Kamu Masih Http? Segera Ubah Ke Https!

0
82
Website Kamu Masih Http Segera Ubah Ke Https!
Website Kamu Masih Http Segera Ubah Ke Https!

Website Kamu Masih Http? Segera Ubah Ke Https! – Ketika kamu memiliki website yang baru dibuat, misalnya dari jasa pembuatan website, lihat alamat website atau url website kamu. Apakah sudah berstatus https atau masih menggunakan http.

Apakah hal ini penting untuk diperiksa?

Tentu saja hal ini menjadi hal yang perlu di cek. Sebab status http dan https ini nantinya akan memengaruhi keamanan dan score SEO website kamu.

Dan yang paling penting adalah kamu perlu segera mengganti status http ini menjadi https. Apa alasannya? Coba kita bahas bersama di ulasan berikut ini.

Http dan Https

http adalah hypertext transfer protocol dimana ini adalah protocol yang berfungsi untuk mengirimkan data dari website agar bisa ditampilkan di browser. Data yang dikirimkan berupa data gambar, dokumen, teks, video dan lain sebagainya.

Namun dalam proses transfer data ini, penggunaan http tidak memiliki sistem keamanan yang melindungi proses transfer data.

Baca : Cara Mudah Cek Kecepatan Website

Sehingga jika transfer dilakukan, masih ada resiko terjadi ancaman keamanan seperti penyadapan dan mata-mata.

Lalu bagaimana dengan https?

https adalah versi dari http yang dianggap lebih aman atau secure.  Penggunaan http + S disini melambangkan secure yang berarti aman.

Dimana protokol https ini sudah menggunakan sistem keamanan enkripsi sehingga meminimalkan Tindakan cybercrime berupa me-mata-matai atau penyadapan.

Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi keamanan website, terutama untuk website layanan yang memerlukan pertukaran informasi. Seperti website toko online, internet banking, e-wallet yang semua data pengguna ditampilkan.

Jika data privat tersebut di retas atau diakses secara diam-diam maka maka akan sangat berbahaya dan merugikan pengunjung website.

Bagaimana Jika Website Masih Http?

Sekarang ini google memberikan peraturan yang lebih ketat untuk website. Termasuk website yang masih memiliki status http.

contoh website dengan http
contoh website dengan http

Website yang memiliki status http akan memiliki tanda not secure saat ditampilkan di google chrome. Hal ini merupakan cara google untuk melindungi penggunanya agar tidak masuk di website yang tidak aman.

Atau bisa juga memiliki tampilan seperti ini

contoh website dengan http

Jika google sudah memberikan peringatan atau tanda seperti ini, maka website yang kurang aman juga akan mendapatkan traffic yang terbatas.

Selain itu dari kondisi SEO website juga akan berpengaruh, dimana website yang berstatus https akan lebih diutamakan daripada website dengan protocol http. Sehingga jangan heran jika di halaman pencarian google di halaman pertama, kamu tidak menjumpai website dengan status http saja.

Sehingga ada banyak hal buruk jika kamu masih mempertahankan menggunakan http untuk website kamu.

  • SEO website terganggu
  • Website dibatasi oleh google
  • Website dianggap tidak aman

Sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak segera mengganti status website kamu dari http ke https.

Bagaimana https Bisa Melindungi Website?

https bisa melindungi website dengan cara meng-enkripsi semua data yang ditransfer sehingga data ini tidak akan bisa diretas atau terbaca oleh pihak ketiga. Proses perlindungan https ini dilakukan dengan tiga Langkah, yaitu

  1. Autentikasi
  2. Enkripsi
  3. Integritas

Dimana Langkah autentikasi adalah memastikan bahwa pengguna melakukan komunikasi dengan situs yang diinginkan. Enkripsi bisa dipahami dengan membawa data yang akan ditampilkan di browser agar lebih aman, dengan melindungi data agar tidak bisa dibaca oleh pihak ketiga. Selanjutnya adalah integritas adalah membungkus data dengan protocol.

Jangan Sampai Website Kamu Tidak Aman

Tidak hanya website toko online atau website bisnis yang memerlukan https, namun semua website termasuk website personal kamu sangat memerlukan protocol https.

Baca : Jenis Control Panel Hosting yang Banyak Digunakan

Protocol https memberikan keamanan, integritas website terjaga dan tentunya SEO website juga aman. Jangan sampai website terkendala hanya karena masalah protocol website.

Kamu bisa mengubah http menjadi https ini langsung dari control panel hosting yang kamu gunakan. Di cpanel, kamu hanya perlu mengaktifkan Run Auto SSL di menu security >> SSL.

Pilih Jasa Website Yang Memberikan SSL

Ketika memilih menggunakan jasa website untuk membangun website yang kamu butuhkan, perlu untuk mengecek apakah layanan tersebut memberikan free SSL. Kamu perlu juga untuk meminta jasa website tersebut untuk mengatur SSL nya sehingga website kamu berstatus https.

Salah satu layanan pembuatan website yang memberikan SSL untuk kamu adalah jasa web murah dari Jagoweb Design.

Kamu bisa membuat website apa saja dari Jagoweb Design karena kami memiliki paket website termurah tahun 2022 yang dipilih mulai dari toko online sampai dengan portal berita.

Cek paket dan kelengkapannya di jasa website murah berikut ini.

Figure 2 Harga Jasa Pembuatan Website
Figure 2 Harga Jasa Pembuatan Website

Itulah penjelasan hari ini tentang http dan https pada website dari Jagoweb Design, semoga informasi ini bermanfaat!