Apa Itu Landing Page Dan Pentingnya Landing Page Bagi Website Bisnis?

0
265

Apa Itu Landing Page Dan Pentingnya Landing Page Bagi Website Bisnis? – Sebagai pelaku marketing atau UMKM atau toko online atau siapapun yang mengandalkan digitalisasi dalam menjalankan bisnisnya, tentu saja telah memahami bahwa website merupakan hal yang paling penting untuk dimiliki. Website bisa menjadi suatu strategi untuk menjalankan marketing online. Ibarat warung, meski sudah dipromosikan ke berbagai platform media sosial, pada akhirnya anda harus mengarahkannya ke website anda. Dengan begitu, target market dapat dengan lebih mudah memilih produk yang anda tawarkan.

Website adalah tempat penjual bisa lebih dekat dengan pelanggan. Melalui website, fitur-fitur terbaiknya dapat menarik perhatian banyak pelanggan dengan lebih mudah. Dengan begitu, akan mempengaruhi daya tarik pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu, website juga bisa dijadikan tempat terbaik untuk menarik feedback para pengunjung dan pelanggan sebagai sarana berkomunikasi.

Namun meski demikian, sesungguhnya sangat disayangkan apabila hanya mengandalkan website saja tanpa memiliki landing page. Sebab dalam website sendiri, perlu yang namanya strategi khusus yang dapat menarik perhatian lebih banyak pengunjung dan calon pelanggan. Landing page membantu anda meraup pundi-pundi rupiah. Landing page dapat langsung membidik sasaran dengan rangkuman informasi produk yang ditawarkan yang tentu saja menunjukkan keunggulan atau kelebihan apa yang dimiliki dibanding kompetitor lain.

Sebagai pelaku marketing atau UMKM atau toko online atau siapapun yang mengandalkan digitalisasi dalam menjalankan bisnisnya

Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan singkat mengenai bagaimana homepage dan landing page dari halaman hasil pencarian atau search engine result page.

Setidaknya ada empat elemen yang terlihat pada tampilan hasil pencarian Google yang ada di halaman yaitu:

  1. Search Campaign pada Google Ads
  2. Featured snippets
  3. Organic search results
  4. Shopping Campaign pada Google Ads

Hasil pencarian manual nomor 3 dan 4 mungkin sulit untuk anda intervensi. Website yang berkualitas tentu akan teroptimasi dengan SEO. Lain halnya dengan nomor 1 dan 2. Anda dapat melakukan mempersiapkan pada halaman khusus agar pengguna berminat untuk membeli setelah mengklik iklan bisnis Anda. Itulah alasan mengapa jika anda belum memiliki landing page, terdapat kemungkinan besar bahwa toko online anda akan ditinggalkan oleh calon pelanggan.

Fungsi inilah yang membedakan landing page dengan homepage. Dapat anda ketahui bahwa landing page punya dua tugas khusus, sedangkan fungsi homepage punya tugas yang lebih umum. Ibarat rumah, homepage adalah teras rumah anda yang menjadi wajah dari “rumah”. Sementara teras merupakan suatu hal yang menarik pengunjung untuk datang dan berkunjung. Karenanya, teras diibarkan sebagai rumah maka anda perlu memiliki banyak hiasan atau dekorasi. Kalau dalam website, hiasan atau dekorasi tersebut bisa berupa berbagai tombol navigasi, tampilan visual, dan tulisan.

BACA : Mengenal Software Design Web Dari Google 

APA ITU LANDING PAGE?

Secara bahasa, Landing Page adalah tempat mendarat. Di dalam website, berarti tempat mendaratnya siapa? Ya tentu saja calon pelanggan. Landing page biasanya dibuat tanpa navigasi, namun langsung CTA alias Call to Action. Secara lengkapnya, Landing page adalah halaman dari website yang didesain dengan sudut pandang marketing. Halaman ini yang akan menunjukkan kepada pengunjung produk apa yang ditawarkan serta apa saja kelebihannya dibanding kompetitor lainnya. Landing page dalam website itu perlu karena desainnya memiliki tujuan yang spesifik. Sehingga pengunjung bisa melakukan apa yang diharapkan ketika mengunjungi website tersebut.

jasa pembuatan website dan toko online profesional
jasa pembuatan website berita, dan toko online

Terkait dengan apa itu landing page, sebenarnya landing page berbeda dengan website, namun masih berkesinambungan. Website berisi berbagai macam menu yang dibutuhkan. Landing page memiliki menu yang terbatas yaitu hanya mengarahkan pengunjung untuk membeli atau memproses penawaran. Namun landing page juga bisa mengarahkan pengunjung ke halaman website.

Landing page mengutamakan informasi servis/produk, penawaran, diskon, dll. yang kemudian dapat dilakukan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu dan kita mendapatkan konversi yang diharapkan. Landing page bisa menjadi alternatif pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.

Berikut perbedaan antara landing page dengan homepage:

Karakteristik Homepage:

  • Menampilkan halaman utama sebuah website;
  • Biasanya merupakan halaman pertama yang dilihat ketika membuka sebuah website;
  • Terdapat tombol navigasi dan URL menuju halaman penting di website;
  • Menyediakan etalase bagi pelanggan untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan.

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page adalah halaman dengan fungsi khusus dalam suatu website;
  • Memberikan penawaran kepada produk tertentu
  • Mendorong pengguna lekas melakukan transaksi di website. Misalnya, Jagowebdesign.com di mana menyediakan informasi lengkap soal web hosting dan tombol pembelian; mengisi formulir; dll.

Dilansir dari https://www.kitanesia.com/, ada dua jenis landing page yang biasanya digunakan dalam pemasaran digital, antara lain :

  1. Lead Generation

Landing Page ini berguna sebagai wadah untuk memperoleh kumpulan data dari calon customer. Biasanya calon pelanggan akan diminta untuk mengisi formulir. Namun biasanya juga tergantung kebutuhan.

  1. Click-Through Generation

Landing Page jenis ini seringkali berisi informasi detail suatu produk dan biasanya hanya ada satu tombol sederhana seperti tombol “Belanja Sekarang” atau “Pilih Sekarang”.

Unsur Penting Dalam Landing Page

Landing page untuk berjualan online juga harus memenuhi beberapa kriteria dan unsur penting yang ada didalamnya yang diantaranya brosur penawaran dengan desain yang menarik. Adanya desain yang menarik ini akan memacu para pengunjung supaya menikmati desain dengan mudah dan signifikan. Dalam hal ini akan ada banyak hasil yang bisa anda capai. Nah, berbicara soal desain yang diperlukan, anda tidak perlu cemas lagi. Membuat website beserta desain tertentu mungkin merupakan suatu hal yang rumit apalagi tanpa software tertentu. Namun jangan khawatir lagi. Jika anda mengunjungi Jagowebdesign.comanda bisa dengan mudah memiliki desain untuk kebutuhan website ataupun landing page dengan cepat, harga terjangkau, dan berkualitas.

Manfaat Menggunakan Landing Page untuk Jualan Online

Dengan beragam kelebihan tersebut, tidak heran bahwa landing page memberikan manfaat untuk jualan online dengan banyak sekali. Semuanya bisa memberikan hasil yang diinginkan di dalamnya. Landing page akan menjadi sebuah pilihan terbaik bagi anda yang memiliki prospek jangka panjang dengan pelanggan anda. 

Bagi anda yang bergerak di dunia marketing online, maka hal ini adalah sebuah strategi yang bisa diterapkan. Landing page memberikan banyak keuntungan serta memudahkan anda mencapai semua yang diharapkan.

Tidak berhenti sampai di situ, bagi pelaku marketing online yang tengah pemasangan iklan online baik itu yang berbayar maupun yang gratis misalnya adalah Google Adwords, Facebook Advertising, dan lain sebagainya, tentu saja semuanya akan anda bisa raih dengan lebih mudah. Landing page menjadi solusi untuk melakukan promosi yang jauh lebih tepat.

Dalam hal ini, tidak perlu diragukan lagi, saatnya anda memiliki landing page untuk mengoptimalkan bisnis anda dan bersiaplah meraup pundi-pundi rupiah. Sementara untuk desain dan kebutuhan dekorasi yang dibutuhkan lainnya serahkan saja pada Jagowebdesign.com Tersedia berbagai paket, yang tentu saja dapat memenuhi apapun kebutuhan website bisnis anda dengan lebih menarik.