Mengenal 8 Elemen Website dalam Desain Web, Apa Saja?

0
248
Mengenal 8 Elemen Website dalam Desain Web, Apa Saja?
Mengenal 8 Elemen Website dalam Desain Web, Apa Saja?

Mengenal 8 Elemen Website dalam Desain Web, Apa Saja? – Salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pembuatan website sebuah website adalah desainnya. Dan dalam desain website yang baik, ada beberapa elemen yang wajib ada dan Anda perhatikan. Lalu, apa saja ya elemen website yang dimaksud?

Elemen Website dalam Desain yang Esensial

Simak penjelasan berikut mengenai elemen-elemen dalam sebuah website yang sifatnya vital. Pasalnya, elemen web harus bisa meningkatkan nilai estetika website, mempermudah pembaca maupun Google crawler saat menjelajahi website, dan meningkatkan user experience secara bersamaan.

1.  Layout Website

Layout website perlu mempertimbangkan susunan elemen-elemen desain yang dapat membantu pengunjung mencerna aliran informasi dengan lebih mudah. Anda perlu perhatikan bagaimana keseimbangan dan hierarki layout secara keseluruhan. Biasanya, susunan dalam layout website yang paling sering digunakan adalah atas-bawah-kiri-kanan.

2.  White Space (Ruang Kosong)

Elemen ini dibutuhkan dalam membantu mata manusia dalam mengatur data. White space sendiri merupakan ruang kosong yang menjadi “jeda” sebagai pemisah antar elemen. Karena website berisi berbagai informasi, ruang kosong dibutuhkan sebagai jeda agar informasi bisa diolah mata pembaca dengan baik.

3.  Pemilihan Font

Dalam memilih font untuk website, prinsipnya beda dengan pemilihan font untuk materi cetak. Pasalnya, mata manusia lebih cepat merasa lelah ketika membaca di layar monitor.

Dalam memilih font, perhatikan:

  1. Klasifikasi huruf (serif, sans serif, script, atau dekoratif).
  2. Karakter atau psikologi jenis huruf sesuai website atau produk.
  3. Legibility atau seberapa mudah mata mengenali sebuah huruf/karakter dengan mudah,
  4. Readability, yang berkaitan dengan bentuk huruf, hubungan suatu huruf dengan huruf lain, dan jarak antar huruf maupun antar kata.
  5. Warna.
  6. Ukuran.

Baca Juga Tentang Merancang Desain Web Terbaik dengan Ikon Pilihan

4.  Skema/Palet Warna Website

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa warna background website lebih “meriah” atau “ramai” dibandingkan konten website. Di samping itu, skema / palet warna pada website juga bisa mempengaruhi psikologi dan mood pengunjung, dan bahkan masuk ke alam bawah sadar mereka.

5.  Desain Navigasi Website

Anda bisa bayangkan elemen website satu ini sebagai peta atau penunjuk jalan untuk mempermudah pembaca dalam mencari kategori produk atau konten apapun sesuai kebutuhan. Letakkan navigasi pada titik yang gampang ditemukan, dan pastikan bentuk navigasinya juga mudah digunakan.

6.  Desain Tombol Search Dan Tombol Lainnya

Mengingat bahwa Anda tidak pernah tahu apa yang pembaca ingin temukan saat berkunjung ke website Anda, keberadaan tombol search atau pencarian jelas merupakan fungsi yang perlu Anda perhatikan juga. Karena meskipun Anda sudah membuat kategori dan label, mereka belum tentu punya cukup waktu untuk mengecek masing-masing kategori atau konten. Jadi, pastikan tombol search mudah dilihat.

7.  Halaman Tentang Kami dan Kontak

Halaman Tentang Kami alias “About Us” berfungsi untuk memperkenalkan diri/perusahaan, produk/jasa, bidang industri, hingga membangun engagement dengan pengunjung website. Pastikan isi informasinya jelas, padat, informatif, dan bermanfaat.

Sedangkan halaman “Kontak” memengaruhi autoritas website Anda. Soalnya, pengunjung website pastinya perlu tahu apakah website yang mereka kunjungi memang dikelola orang atau perusahaan sungguhan. Di samping itu, bagian Kontak juga bertujuan untuk mempermudah pengunjung hingga klien menghubungi Anda.

Baca : Rekomendasi Jasa Website Jogja

8.  Desain Footer

Bagian footer bisa saja mengulang informasi yang memang krusial, seperti informasi kontak. Selain itu, footer juga bisa jadi berisi informasi tambahan seperti kebijakan privasi, copyright, sitemap, atau informasi lainnya yang penting dan bermanfaat bagi pembaca.

Kesimpulan

Mengapa perlu memperhatikan elemen website dalam desain web? Karena pada dasarnya, apapun template atau CMS yang Anda pakai, tentu saja desain tampilan website memengaruhi seperti apa kesan pertama yang pengunjung dapatkan saat mengunjungi website Anda. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan template sekalipun, informasi dan konten di setiap bagian website perlu Anda perhatikan dengan cermat. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!