Mengenali Domain Expired dan Resiko yang Harus Ditanggung

0
58
Mengenali Domain Expired dan Resiko yang Harus Ditanggung
Mengenali Domain Expired dan Resiko yang Harus Ditanggung

Mengenali Domain Expired dan Resiko yang Harus Ditanggungdomain website bukanlah kata-kata yang asing untuk para pemilik website. Merupakan pengetahuan umum bahwa domain perlu diperpanjang berkala agar tidak terjadi domain expired, di mana tidak dilaksanakan perpanjangan sehingga domain kadaluarsa.

Peristiwa ini seringkali berdampak besar untuk para pemilik website. Oleh sebab itu ulasan berikut ini akan membahas lengkap tentang yang domain yang kadaluarsa atau expired serta tanda-tanda expirednya. Penasaran? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Domain Expired

Domain yang kadaluarsa atau expired terjadi karena tidak dilakukan perpanjangan untuk domain tersebut. Biasanya perpanjangan domain menggunakan hitungan tahun yang menyebabkan rawan lupa untuk melakukan perpanjangan.

Umumnya para provider hosting akan memberikan waktu 30 hari setelah domain expired untuk melakukan perpanjangan. Apabila tidak dilakukan perpanjangan maka provider berhak untuk menjual lagi atau bahkan melelang domain tersebut.

Baca Artikel Tentang : Perbedaan Front End Dan Back End Developer

Domain website yang expired bahkan diperjual belikan sebab memiliki keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh domain baru, seperti traffic yang masih cukup tinggi karena sudah tersebar di banyak tempat.

Sebab ketika domain yang sudah kadaluarsa berpindah pemilik, alamat domain tersebut tetap sama. Sehingga dapat membantu penambahan traffic ke arah domain tersebut. Pemilik baru akan mendapatkan keuntungan dari hal ini.

Resiko Domain Expired

Banyak resiko yang harus anda tanggung ketika domain website anda expired tanpa disadari. Terutama apabila anda seorang pemilik bisnis yang menggunakan website sebagai pasar utamanya. Berikut adalah resiko yang harus ditanggung ketika domain expired.

1. Website Disuspend Sementara

Ketika website anda disuspend, maka tidak akan anda orang yang dapat mengakses website anda. Dengan demikian bisnis anda akan macet ketika domain expired tidak segera diperpanjang. Website yang di suspend sementara akan merembet pada masalah lainnya.

Biasanya di suspend memang tidak selamanya, tetapi disuspend sebentar saja sudah akan berdampak pada reputasi bisnis yang anda jalankan. Karena pengunjung setia yang awalnya hendak berkunjung lagi merasa sia-sia setelah membuka domain website anda.

2.  Dikenai Denda

Untuk membayar kompensasi dari perpanjangan domain, anda harus membayar denda karena terlambat membayar biaya perpanjangan. Biasanya biaya akan bertambah seiring dengan bertambahnya hari anda sia-siakan.

Terlebih apabila sudah melewati masa ketentuan provider hosting seperti 30 hari atau 45 hari, maka biaya denda yang harus anda bayarkan bisa berkali-kali lipat lebih mahal daripada biaya pembayaran perpanjangan domain pada umumnya.

3. Domain Diambil Orang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa domain expired juga diperjualbelikan. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin bahwa domain anda akan diambil orang lain. Anda perlu jeli melihat tanda domain expired yang diberikan oleh provider hosting.

Karena apabila sudah dibeli maka anda tidak akan bisa menggunakannya lagi. Anda akan kehilangan domain yang sudah digunakan selama waktu perjanjian sebelumnya, sementara pembeli baru akan mendapatkan keuntungan dari pengembangan anda.

4. Email Domain Tidak Tersedia Lagi

Ketika domain sudah dibeli oleh orang lain, maka anda tidak akan bisa mengakses email domain. Karena pemilik baru sudah pasti akan melakukan pergantian password supaya website-nya aman dari segala jenis gangguan.

Apabila email domain sudah berganti tangan, maka email yang masuk oleh pelanggan atau pengunjung anda akan diterima oleh pemilik baru, atau akan terpental dan tidak dapat dikirimkan sama sekali.

Itulah ulasan tentang domain expired termasuk resiko-resiko yang harus anda tanggung apabila lupa memperpanjang domain sampai tiba waktu kadaluarsanya.

Baca : Tools Pendukung SEO Website

Jangan Sampai Membiarkan Domain Anda Expired!

Jika sudah mengetahui banyak resikonya, jangan sampai Anda melewatkan domain Anda expired. Daripada domain website yang sudah memiliki banyak kunjungan itu dimiliki orang lain. Pun SEO website yang susah payah dibangun juga akan hilang, atau malah dimanfaatkan oleh pemilik domain selanjutnya.

Sebenarnya nama domain ini bisa Anda dapatkan lagi jika Anda kehilangannya setelah masa kadaluarsa, namun resikonya sangat besar. Bisa jadi sudah lebih dulu direbut pengguna lain.

Jangan sampai hal ini terjadi pada website Anda. Jadi perhatikan masa kadaluarsa domain dengan baik. Pun umumnya provider domain akan memberikan peringatan atau pemberitahuan sebelum masa waktunya habis.

Cek email Anda dengan baik dan segera lakukan perpanjangan domain sebelum masa kadaluarsanya tiba.

Baca : Domain Apa yang Cocok Untuk Website Anda?

Buat Website Free Domain dari Jagoweb Design

Buat website bebas urusan domain menggunakan jasa website jogja Jagoweb Design. Layanan pembuatan website murah dengan banyak layanan yang diberikan. Pembuatan website cukup singkat. Lakukan pembayaran terlebih dahulu, kemudian website akan segera diproses. 7 hari website selesai diproses.

jasa pembuatan website
Jasa pembuatan webiste

Menggunakan layanan pembuatan website dari Jagoweb Design dapat beberapa fasilitas berupa free domain, free SSL, panduan dan juga bonus konten di dalamnya.

Cek segera di jasa website Jagoweb Design!

Sekian ulasan tentang domain expired dan resiko domain expired untuk Anda semoga bermanfaat!