Perbedaan Front End Dan Back End Developer

0
66
Perbedaan Front End Dan Back End Developer
Perbedaan Front End Dan Back End Developer

Perbedaan Front End Dan Back End DeveloperDalam pembuatan website, istilah front end dan back end bukan merupakan hal yang baru lagi di dengar. Jika kita lebih jeli, sekarang ini banyak loker yang mencari kandidat front end untuk membantu pembuatan website maupun aplikasi.

Keduanya memiliki peran penting dalam pengembangan aplikasi maupun website dimana tanggung jawab front end untuk menghasilkan tampilan program yang menarik sedangkan back end lebih ke urusan server.

Baca Artikel : Tools Pendukung SEO Website

Untuk kamu yang masih awam dengan istilah front end dan back end untuk pengembangan aplikasi maupun website, mari kita bahas bersama Perbedaan Front End Dan Back End Developer dalam ulasan Jagoweb design hari ini.

Lebih dalam Tentang Front End Developer

Front end developer adalah developer yang memiliki spesialisasi dalam mengatur tampilan website atau aplikasi. Sehingga hasil kerja dari front end developer ini akan langsung kelihatan dari tampilannya.

Apakah tampilan website cukup menarik dan mudah digunakan tergantung dari front end developer nya.

Memastikan bahwa tampilan tidak hanya cukup mulus namun juga berguna dan bekerja dengan baik karena tampilan ini akan langsung berpengaruh terhadap user experience. Misalnya penggunaan tombol sampai dengan navigasi website.

Skill yang Harus Dikuasai Front End Developer

Ingin menjadi developer back end? Berikut adalah beberapa skill yang harus dikuasainya.

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Hal yang perlu kamu kuasai ketika ingin menjadi front end developer adalah mengetahui bahasa pemrograman.

Ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk mengatur tampilan program yaitu CSS, Javascript dan HTML.

2. Menguasai Framework dan Library

Skill selanjutnya yang perlu kamu kuasai ketika ingin menjadi front end developer adalah menguasai framework dan library. Contoh framework yang perlu dipelajari adalah Angular.js dan React.js.

Itulah dua skill utama yang diperlukan front end developer untuk mengembangkan program seperti website dan aplikasi. Namun ada juga kebutuhan yang tidak kalah pentingnya yang perlu dikuasai developer, yaitu pengujian debugging.

Baca juga artikel Jenis Control Panel Hosting yang Banyak Digunakan

Mengenal Back End Developer Lebih Dalam

Jika front end berfokus pada tampilan program dan memastikan agar semua komponen berjalan dengan lancar. Maka back end developer adalah posisi yang memiliki tanggungjawab untuk mengelola urusan belakang program seperti database dan server juga keamanan program.

Hal ini tidak terlihat oleh pengunjung website namun memiliki kegunaan yang cukup penting.

Skill yang Harus Dikuasai Back End Developer

Berikut adalah skill yang harus dikuasai oleh back end developer untuk website.

1. Memahami Bahasa Pemrograman

Hal yang perlu kamu kuasai ketika ingin menjadi back end developer adalah mengetahui bahasa pemrograman.

Ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk mengatur tampilan program yaitu MySQL, SQL Server, dan Oracle.

2. Menguasai Framework dan Library

Skill selanjutnya yang perlu kamu kuasai ketika ingin menjadi front end developer adalah menguasai framework dan library. Contoh framework yang perlu dipelajari adalah GO, C#, Express dan Django.

Jadi dengan kedua perbedaan mengenai front end dan back end seperti di atas dapat diketahui bahwa keduanya bertanggung jawab pada dua hal yang berbeda.

Alur Kerja Back End Dan Front End Developer

Yang menjadi Perbedaan Front End Dan Back End Developer selanjutnya adalah adalah alur kerja back end dan front end developer. Apakah keduanya bekerja secara bersamaan? Atau saling bergantian?

Jadi back end developer akan mulai bekerja jika front end developer sudah selesai dengan pekerjaannya. Jadi urutannya adalah

Alur Kerja Back End Dan Front End Developer
Alur Kerja Back End Dan Front End Developer

Jika UX designer sudah menyelesaikan perancangan desain website maka lanjut ke front end developer dan yang terakhir lanjut lagi ke back end developer.

Baca Artikel Tentang Tanda Website Anda Perlu “Re-Design”

Kesimpulan

Banyak orang yang mencari jasa front end dan back end developer untuk membuat website maupun aplikasi mereka. Sekarang ini kesempatan untuk menjadi developer program sangat besar karena demand yang tinggi.

Kamu bisa mempelajari ilmu front end dan back end atau keduanya sesuai dengan minat yang kamu miliki.

Jadi secara keseluruhan ada beberapa perbedaan antara back end dan front end developer.

PerbedaanFront endBack end
Bahasa pemrogramanCSS, Javascript dan HTMLMySQL, SQL Server, dan Oracle
FrameworkAngular.js dan React.js.adalah GO, C#, Express dan Django
Waktu kerjaSetelah UI/UX designer menyelesaikan pekerjaannyaSetelah front end menyelesaikan pekerjaannya
Perbedaan Front End dan Back end develope

Nah untuk Anda yang ingin membuat website dengan mudah dan instan, bisa menggunakan jasa web murah dari Jagoweb Design.

Jasa pembuatan website yang banyak dipercaya untuk pembuatan website. Hadir dengan banyak tema website yang profesional sampai dengan harga terjangkau untuk Anda.

Sekian ulasan tentang Perbedaan Front End Dan Back End Developer hari ini semoga bermanfaat!